• img

Cara Menghemat Baterai BlackBerry Agar Berdaya Tahan Lama

blog sauted | Senin, 20 Agustus 2012 | 11:04

Cara Menghemat Baterai BlackBerry Agar Berdaya Tahan Lama
Kehadiran baterai pada BlackBerry dan semua handset memang sangat penting, secanggih apapun handset yang Anda miliki, tapi tanpa baterai tak ada gunanya. Berikut Paseban hadirkan kembali cara menghemat baterai khusus untuk perangkat BlackBerry ditinjau dari segi kegunaan, tampilan fitur dan penggunaan, simak reviewnya di artikel ini:

Tingkat Kecerahan (iluminasi) Layar
Perangkat keras yang paling menguras baterai dalam ponsel manapun termasuk BlackBerry adalah layar. Menghebat Baterai BlackBerry bisa dilakukan dengan cara mengurangi tingkat kecerahan layar dan juga mempersingkat jeda waktu mematikan layar ketika ponsel dalam keadaan tidak dipakai.

Untuk Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar:
Buka Options - Display - Screen Display - Backlight Brightness - Kurangi nilai kecerahan layar

Untuk Mempersingkat Waktu Mematikan Layar:
Buka Options - Display - Screen Display - Backlight Time Out - Ubah time-out menjadi lebih singkat

Konektifitas
Beberapa konektifitas bisa aktif meskipun Anda sedang tidak menggunakannya. Dengan mematikan konektifitas yang sedang tidak digunakan, maka Anda akan menghemat daya baterai BlackBerry. Periksa apakah koneksi bluetooth dan WiFi di ponsel BlackBerry Anda. Apakah sedang dalam keadaan aktif? Jika ya, ikut langkah berikut ini untuk mematikannya:

Mematikan Bluetooth dan WiFi:
Buka Options - Networks and Connections - Pastikan bluetooth dan WiFi dalam keadaan mati

GPS
Beberapa ponsel BlackBerry sudah dilengkapi dengan GPS receiver. Untuk memperoleh suatu posisi dari satelit GPS di angkasa, ponsel membutuhkan daya baterai untuk mengaktifkan GPS receiver. Sebagian besar waktu Anda tidak akan menggunakan GPS receiver. Oleh karena itu fitur ini bisa dimatikan untuk menghebat daya baterai.

Untuk Mematikan GPS:
Buka Options - Advanced Options - GPS - Ubah Location Services menjadi Location Off

Keyboard
Ketika Anda menggunakan qwerty keyboard untuk menulis pesan di BlackBerry, biasanya akan ada feedback berupa bunyi beep setiap kali tombol keyboard ditekan. Feedback ini bisa membantu memberikan informasi kepada otak kita, bahwa tombol keyboard telah berhasil ditekan. Tapi sebenarnya ada feedback lain yang tersedia pada keyboard, yaitu tactile feedback. Dimana ketika Anda menekan tombol keyboard di BlackBerry, akan terasa klik diujung jari yang menAndakan tombol telah berhasil ditekan. Inilah yang dimaksud dengan tactile feedback. Karena sudah ada tactile feedback, maka feedback berupa bunyi yang dikeluarkan oleh speaker ketika menekan tombol keyboard bisa dimatikan.

Untuk Mematikan Bunyi Keyboard:
Buka Options - Typing and Input - Keyboard - Hapus tAnda centang pada Key tone

Lampu Flash
Ponsel BlackBerry dapat digunakan untuk mengambil foto karena sudah dilengkapi dengan kamera. Kamera ini juga biasanya dilengkapi dengan lampu flash yang dapat menerangi objek yang ingin difoto ketika berada dalam ruangan atau cuaca yang gelap. Namun jika Anda mengambil foto pada saat hari sedang cerah atau dalam ruangan dengan pencahayaan yang terang benderang, maka flash ini bisa dimatikan. Dengan mematikan lampu flash Anda bisa mengurangi penggunaan baterai BlackBerry sehingga bisa menghemat.

Untuk Mematikan Lampu Flash:
Aktifkan Kamera - Buka menu kamera - Options - Default Flash Settings - Pilih Off

Berselancar di Internet
Salah satu aktifitas yang bisa Anda lakukan bersama BlackBerry adalah berselancar di Internet. Untuk berselancar aplikasi yang digunakan adalah peramban. Ketika sudah selesai berselancar, peramban tersebut bisa dimatikan dengan dua cara, yaitu dengan menekan tombol ESC dan satu lagi dengan cara menekan tombol End berwarna merah.

Meskipun peramban bisa ditutup dengan dua cara, namun kedua tombol tersebut menutup peramban dengan cara yang berbeda. Jika Anda menggunakan tombol End, maka BlackBerry akan menutup jendela peramban, namun tetap menjalankan aplikasi peramban di background. Sementara itu bila menggunakan tombol ESC, maka BlackBerry akan menghentikan aplikasi peramban agar tidak berjalan lagi meskipun di background. Jadi bila Anda ingin baterai BlackBerry bisa bertahan lebih lama penggunaannya, ubah dulu kebiasaan Anda dalam berselancar. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tombol ESC agar aplikasi peramban dihentikan oleh BlackBerry, bukannya hanya ditutup jendelanya tapi masih berjalan di background.

Cara charging
Selain dari kebiasaan Anda ketika menggunakan BlackBerry, cara Anda melakukan charging juga berpengaruh dalam menghemat baterai BlackBerry. Ketika Anda melakukan charging pastikan bahwa baterai sudah terisi 100% sebelum melepaskan charger. Baterai Li-ion mempunyai karakteristik unik dimana dia mempunyai “memori” yang dapat mengingat posisi terakhir baterai terisi. Jika Anda mengisi baterai hingga 90%, maka baterai tersebut akan melaporkan bahwa dia sudah terisi 100% untuk pengisian selanjutnya. Padahal baterai baru terisi pada titik 90%. Ini adalah alasan kenapa Anda harus memastikan bahwa baterai sudah terisi 100% sebelum melepaskan charger. Karena struktur kimiawi dari baterai dapat mencegahnya untuk mencapai kapasitas maksimum bila Anda tidak mengisinya sepenuh mungkin pada pengisian sebelumnya.
Source: www.salingsharing.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Cara Menghemat Baterai BlackBerry Agar Berdaya Tahan Lama.
<< >>