• img

Menelisik Beragam Nilai Kesenian Jathilan

blog sauted | Rabu, 19 September 2012 | 01:12

Menelisik Beragam Nilai Kesenian Jathilan
SENI TRADISI: Kelompok kesenian tradisional jathilan tampil di kampus SMPN 3 Sawangan, hari ini. Seni Jathilan dimasukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. (suaramerdeka.com/MH Habib Shaleh)

MAGELANG, suaramerdeka.com - SMPN 3 Sawangan Kabupaten Magelang ikut melestarikan berbagai kesenian tradisional khas Magelang. Hal ini sebagai bentuk dukungan pada upaya pelestarian seni dan budaya rakyat.

Kepala Sekolah SMPN 3 Sawangan, Cipto Jati Kusumo S.Pd mengatakan, bentuk pelestarian tersebut dilakukan dengan cara membuka ekstrakurikuler kesenian daerah. Ekstrakurikuler tersebut di antaranya kesenian jathilan atau jarang kepang, jalantur, tari buto-buto, tari gambyong, reog ponorogo, karawitan, dan topeng ireng.

Adapun untuk seni modern, sekolah yang berada di antara lereng Gunung Merbabu dan lereng Merapi ini juga mengembangkan tari kreasi baru dan cheers leader. "Sekolah punya peran penting dalam melestarikan seni tradisi, karena itu kamu membuka ekstrakurikuler," kata Cipto Jati Kusumo, hari ini (13/9).

Menurut dia kesenian tradisional memiliki nilai-nilai sejarah dan filosofi yang sangat tinggi. Kesenian tersebut bukan sekedar olah gerak namun mengandung nilai-nilai, edukasi, dan pesan perjuangan.

Dia menjelaskan bahwa minat warga Kabupaten Magelang terutama yang tinggal di pedesaan dan pegunungan memiliki minat yang tinggi terhadap kesenian. Hampir di setiap desa memiliki berbagai macam seni tradisi mulai jathilan, dayakan, kubro siswo, campur, angguk, dan lainnya.

Atas dasar ini, sejumlah sekolah menyediakan kegiatan di luar akademik yang menarik minat siswa. "Selain bidang akademik kami memfasilitasi minat terhadap kesenian. Siswa tertarik dengan kegiatan ekstra kami sehingga memutuskan mendaftar ke sini," kata Cipto di sela- sela lomba dalam rangka peringatan HUT SMPN 3 Sawangan, baru-baru ini.
( MH Habib Shaleh / CN32 / JBSM )
Source: www.suaramerdeka.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Menelisik Beragam Nilai Kesenian Jathilan.
<< >>