• img

Cara untuk Tetap Nyaman Menyusui Saat Bepergian

blog sauted | Kamis, 18 Oktober 2012 | 19:38

Cara untuk Tetap Nyaman Menyusui Saat Bepergian
photo by doctorberlin
ASI merupakan kebutuhan pokok yang harus diberikan oleh setiap ibu kepada bayinya setidaknya hingga usia bayi mencapai enam bulan. Karena pada masa-masa tersebut, perut dan organ crena bayi belum mampu untuk mencerna makanan atau asupan lain selain ASI. Di samping itu, ASI juga memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga dan menunjang daya tahan tubuh bayi serta tingkat kecerdasannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan melakukan perbandingan pada bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif dengan bayi yang hanya diberi asupan susu formula. Tentu bayi yang hanya mengkonsumsi susu formula akan lebih mudah terserang penyakit dan memiliki kebanyakan memiliki tingkat kecerdasan yang kurang dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif.

Maka dari itu, pemberian ASI harus tetap diutamakan. Namun, masalah akan datang apabila kita harus menyusui saat bepergian. Tentu saja kita tidak dapat memberikan ASI kita secara sembarangan terutama di tempat umum. Sehingga kita memerlukan beberapa cara yang dapat mempermudah kita untuk dapat memberikan ASI kepada bayi kita. Sehingga kita akan tetap dapat menyusui saat bepergian tanpa harus mengganggu pemandangan dan kenyamanan orang lain. Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan mengunakan celemek menyusui. Saat ini sudah umum untuk para ibu menggunakan celemek menyusui saat mereka ingin memberikan ASI pada bayi mereka di tempat umum. Sudah banyak toko perlengkapan bayi yang menjual celemek menyusui ini.

Namun, jika kita sampai lupa membawa celemek menyusui kita, kita tetap dapat menyusui saat bepergian pada bayi kita dengan aman dan nyaman dengan cara membuka sedikit saja pakaian kita dan menutup bagian selain putting yang dihisap bayi dengan menggunakan kain seperti selimut bayi, selendang, maupun baju bayi yang tidak terpakai. Selain itu, kita juga tetap dapat menyusui saat bepergian kita dengan menyesuaikan atau memilih tempat yang nyaman. Contohnya, jika lokasi kita dekat dengan mobil kita, maka kita dapat menyusui bayi kita di dalam mobil atau jika kita sedang berbelanja pakaian, kita dapat memanfaatkan kamar ganti sebagai tempat menyusui kita. Namun sebelumnya kita juga perlu meminta ijin pada petugas agar kita dapat lebih nyaman untuk menyusui.

Kemudian, jika bayi kita ingin menyusu pada saat kita sedang berada di tempat makan, maka sebelumnya kita dapat memillih tempat duduk yang sekiranya jauh dari perhaian orang. Kita dapat memilih tempat duduk yang berada di pojokan dan dekan dengan tembok, misalnya. Dengan begitu, kegiatan menyusui kita tidak akan menarik perhatian banyak orang. Satu hal yang perlu kita ingat adalah bahwa menyusui adalah hal wajar namun kita tetap harus dapat menjaga kesopanan demi kenyamanan orang lain juga. Jadi ketika menyusui saat bepergian kita harus tetap dapat bersikap tenang sehingga tidak akan terlalu banyak menarik perhatian orang lain.
Source: lovira.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Cara untuk Tetap Nyaman Menyusui Saat Bepergian.
<< >>