• img

Tempat Wisata di Sumbawa

blog sauted | Jumat, 12 Oktober 2012 | 01:00

Obyek Wisata Budaya

Dalam Loka (The Old Palace)

Dalam Loka
Istana kuno tersebut terbuat dari kayu yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III (sekitar tahun 1885 M). Saat ini digunakan/dimanfaatkan sebagai “Museum Daerah Sumbawa” tempat penyimpanan benda-benda sejarah Kabupaten Sumbawa. Istana ini merupakan dua bangunan kembar ditopang atas tiang kayu besar sebanyak 99 buah, sesuai dengan sifat Allah dalam Al – Qur’an (Asma’ul Husna). Di Dalam Loka ini kita dapat melihat ukiran motif khas daerah Samawa, sebagai ornamen pada kayu bangunannya. Miniatur Dalam Loka ini dapat dilihat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta..

Wisma Praja / Wisma Daerah ( Goverment House ) -

Wisma Praja
Merupakan Istana bangunan Belanda pada tahun 1932, tempat sebagai kediaman terakhir Sultan Kaharuddin III, melakukan kegiatan pemerintahan. Sekarang digunakan sebagai tempat penerimaan tamu – tamu agung dan kegiatan – kegiatan upacara / resepsi yang bersifat formal, serta pertemuan kepemerintahan lainnya.




Bala Kuning (The Yellow House) -

Bala Kuning
Bala kuning merupakan rumah tempat tinggal keluarga Sultan yang terakhir. Di sini dapat dijumpai benda-benda magis kerajaan, seperti : Bodong, Sarpedang, Payung Kamutar, Tear (tombak /lembing), Keris, Qur’an tulisan tangan oleh Muhammad Ibnu Abdullah Al-Jawi (+/- Tahun 1784) pada saat Pemerintahan Sultan Harrunnurrasyid II (1770 – 1790), yang selalu terpelihara dengan baik.



Dusun Pamulung -

Dusun Pamulung
Salah satu dusun yang termasuk dalam Wilayah Desa Karang Dima Kecamatan Labuan Badas, terletak sekitar 8 km dari kota Sumbawa Besar. Dusun ini merupakan lokasi desa wisata, karena di desa tersebut dapat disaksikan berbagai atraksi budaya daerah, seperti Karaci, Barapan Kebo, Tari-tarian tradisional serta musik tradisional.




Desa Tepal -

Desa Tepal
Desa tradisional yang terletak + 37 km dari pusat kota, masuk dalam wilayah Kecamatan Batu Lanteh. Desa ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan berkuda. Desa Tepal menyimpan banyak budaya tradisional , karena masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat dan Budaya Samawa. Ini dapat dilihat dari cara berpakaian, cara hidup dan bentuk rumah yang unik, sehingga desa ini disebut juga Desa Adat.


Desa Poto -

Desa Poto
Salah satu desa di Kabupaten Sumbawa yang tetap memelihara kelestarian budaya daerah seperti tenunan tradisional, pembuatan gerabah dan atraksi permainan rakyat seperti pacuan kuda, karapan kerbau. Desa Poto yang letaknya di Kecamatan Moyo Hilir kira-kira 13 km dari kota Sumbawa besar dapat dijangkau dengan sarana transportasi darat yang senantiasa melayani trayek tersebut setiap hari.



Pulau Bungin -

Pulau Bungin
Lazimnya disebut sebagai pulau terpadat di dunia, karena kepadatan penduduknya +14.000 jiwa/km persegi. Dikenal juga sangat aman karena sejauh ini kehidupan masyarakatnya selalu rukun dan damai. Di pulau ini tidak akan ditemui lahan pertanian, perkebunan maupun peternakan. Lahan-lahan yang ada dimanfaatkan untuk membangun runah tinggal. Untuk membangun rumah baru, mereka harus bergotong royong dengan cara menyusun batu karang yang telah dikumpulkan sebelumya. Ketiadaan lahan di atas membawa keunikan tersendiri, karena ternak kambing milik penduduk setempat tidak hanya memakan dedaunan, tetapi juga kertas, ikan laut, dan kain-kain baju yang telah robek. Pulau Bungin masih berada dalam wilayah Kecamatan Alas atau + 70 km dari kota Sumbawa besar. Untuk mencapai pulau ini tersedia perahu motor yang hilir mudik antara pulau Bungin dan Dermaga Alas atau melalui darat dengan kendaraan bermotor.

Pulau Kaung (Kaung Island) -

Pulau Kaung
Salah satu pulau perkampungan nelayan yang letaknya tidak terlalu jauh dari pulau Bungin. Untuk mencapai pulau ini tidak lagi menyebrangi laut, melainkan dapat dilalui lewat darat dengan mempergunakan kendaraan bermotor maupun naik dokar. Kerajinan rakyat yang terbuat dari kerang-kerangan dapat ditemui di pulau ini.





Dusun Talwa -

Dusun Talwa
Merupakan dusun pandai besi (Black Smith) yang tetap mempertahankan sifat tradisionalnya yang kental dalam pembuatan pisau, parang, cangkul, tembilang, dan sebagainya. Dusun Talwa yang oleh para wisatawan dijuluki sebagai Blingin Jerman ini terletak di Kecamatan Moyo Hulu, berjarak 14 km dari kota Sumbawa Besar.





Obyek Wisata Alam

Pantai Sili dan Maci -

Pantai Sili dan Mac
Obyek Wisata berselancar yang terkenal dengan konsistensi ombaknya terletak di Pantai Maci dan Pantai Sili. Kedua pantai ini dapat ditempuh melalui darat dengan perjalanan kira-kira 6 jam dari Kota Sumbawa Besar atau dengan penerbangan ke Kota Bima ditambah 1 jam dengan kendaraan bermotor. Kedua pantai ini sangat terkenal sebagai tempat berselancar dan setiap tahunnya bersama-sama dengan Kabupaten Dompu mengadakan perlombaan berselancar tingkat Dunia di Pantai Hu’u.

Pantai Saliper Ate -

Pantai Saliper Ate
Saliper berarti pelipur lara / penenang / penyejuk. Ate berarti hati. Sesuai dengan namanya Pantai Saliper Ate berarti pantai yang dapat menenangkan/ menyejukan hati pengunjungnya. Terletak sekitar 5 km ke arah Barat Kota Sumbawa Besar. Lokasinya mudah dijangkau dengan transportasi darat ( angkutan kota).





Pantai Kencana -

Pantai Kencana
Pantai Kencana yang jaraknya sekitar 11 km dari Kota Sumbawa Besar merupakan pantai yang cukup menawan. Dengan bentuk pantai yang melengkung dan di kedua ujung lengkungannya masing-masing memiliki rona tersendiri. Terutama di lengkungan bagian kanannya berdiri batu karang berbentuk alami dengan bolongannya yang setiap saat dicium ombak. Di sekitar pantai juga tersedia fasilitas-fasilitas wisata berupa cottage dengan bentuk bangunan khas daerah Sumbawa

Semongkat -

Semongkat
Obyek wisata alam pegunungan ini berada pada ketinggian + 450 meter di atas permukaan air laut, jaraknya 17 km dari Kota Sumbawa Besar. Jalan yang berbelok-belok dengan pemandangan perbukitan dan lembah-lembah ini dapat ditempuh dengan berbagai kendaraaan. Fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang dan shelter.




Pulau Moyo ( Moyo Island ) -

Pulau Moyo
Terletak Sebelah utara Sumbawa dan di mulut Teluk Saleh dengan luas + 30 ha. Pulau Moyo memiliki obyek wisata darat dan laut yang indah dan alami. Hutan tropis pulau Moyo merupakan habitat kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius) yang dilindungi. Selain itu, pulau ini juga termemiliki air terjun bertingkat ai mata jitu. Wisata baharinya menyediakan panorama bawah laut yang indah untuk kegiatan menyelam (snorkling dan skuba diving). Bahkan mulai dari dermaga pulau moyo sudah dapat dilihat ribuan ikan kecil. Lady Diana dari kerajaan Inggris dan Prince William dari kerajaan Belanda pernah datang berlibur ke Pulau Moyo.

Pantai Ai Manis -

Pantai Ai Manis
Terletak di daratan pulau Moyo yang berpasir putih dan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang dan tropikal fish-nya yang menawan serta hutan tropis yang ada di sekitarnya menjadikan Ai Manis sangat cocok bagi kegiatan camping, snorkling, dan sebagainya. Dari Ai Manis dapat disaksikan tenggelamnya Matahari (Sunset). Jalan-jalan di hutan tropis sekitar Ai Manis akan tersaji secara alami berbagai jenis flora dan fauna seperti rusa, sapi liar, babi hutan, burung koak kao, kakak tua dan burung gosong yang dilindungi. Tidak jauh dari Ai Manis terdapat gua kelelawar. Ai Manis dapat ditempuh lebih kurang 30 menit dengan speed boat dari Ai Bari Kecamatan Moyo Hilir.

Liang Petang -

Liang Petang
Sebuah gua alam yang di dalamnya terdapat batu mirip manusia, balai-balai (pantar), alat tenun dan juga dipenuhi stalagmit dan stalagtit. Letaknya di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu dengan jarak 29 km dari Kota Sumbawa Besar. Tidak jauh dari gua ini terdapat pula gua kelelawar (Liang Bukal).





Liang Petang (Saleh Bay) -

Liang Petang
Merupakan gugusan berpasir putih dengan koralnya yang indah dan beraneka ragam ikan hias dengan airnya yang tenang, sangat cocok sebagai tempat berenang dan menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut. Teluk Saleh merupakan perairan yang kaya dengan aneka ikan laut, seperti ikan kerapu yang hasilnya telah diekspor ke berbagai negara, antara lain Jepang, Hongkong dan Singapura. Dari Teluk Saleh tampak jelas Gunung Tambora yang mempunyai kawah (Caldera) terluas di dunia.


Data Lokasi Obyek Wisata Dan Tempat Rekreasi Di Kabupaten Sumbawa Tahun 2008

No. Nama Obyek Wisata Jenis Obyek Lokasi Desa/Kelurahan Kecamatan
1. Dalam Loka Istana Raja Sumbawa Seketeng Sumbawa
2. Bala Kuning Rumah Keluarga Sultan Seketeng Sumbawa
3. Saliper Ate Pantai (Taman Rekreasi) Labuhan Sumbawa Labuhan Badas
4. Batu Kuping Pantai Kel. BrangBiji Sumbawa
5. Tanjung Menangis Pantai, Goa Kel. BrangBiji Sumbawa
6. Pantai Tanjung Pasir Pantai (Snorkling) Pulau Moyo Labuhan Badas
7. Ai Manis Pantai (Snorkling) Pulau Moyo Labuhan Badas
8. Wisma Praja Istana Sultan Brangbara Sumbawa
9. Dsn Wisata Pamulung Dusun Tradisional Karang Dima Labuhan Badas
10. Pantai Gua/Tanjung Pengamas Pantai Karang Dima Labuhan Badas
11. Pantai Empan Pantai Dusun Empan Labuhan Badas
12. Ai Mata Jitu Air Terjun Labuhan Aji(Pulau Moyo) Labuhan Badas
13. Batu Gong Pantai Labuhan Badas Labuhan Badas
14. Pulau Moyo (Tj. Pasir) Pantai/Taman Laut/Taman Buru Labuhan Aji Labuhan Badas
15. Dusun Wisata Perung Rumah Tradisional Desa Pelat Unter Iwes
16. Semongkat Kolam Renang /Alam Dusun Semongkat Batu Lanteh
17. Desa Wisata Tepal Rumah Tradisonal Dusun Tepal Batu Lanteh
18. Pulau Dangar Taman Laut Labuhan Ijuk Moyo Utara
19. Dsn. Wisata Poto Pengrajin Tenun Desa Poto Moyo Hilir
20. Labuhan Sawo Pantai Desa Penyaring Moyo Utara
21. Ai Beling Air Terjun Desa Sempe Moyo Hulu
22. Liang Petang Gua Alam Desa Batu Tering Moyo Hulu
23. Ai Putih Air Terjun Desa Sempe (Kuang Amo) Moyo Hulu
24. Bendungan Batu Bulan Bendungan Batu Bulan Moyo Hulu
25. Sarkopagus Kuburan Tua Ai Renung (Batu Tering) Moyo Hulu
26. Teba Murin Air Terjun Lenangguar Lenangguar
27. Tiu Pasai Air Terjun Lape Lape
28. Pulau Ngali Pantai Labuhan Kuris Lape
29. Bendumngan Mamak Bendungan Mamak Lopok
30. Pantai Sekokat Pantai Labangka Labangka
31. Ai Panas Sumber Air Panas Maronge Maronge
32. Gili Setigi Pulau dan Pantai Labuhan Jontal Plampang
33. Telaga Lompa Danau Alam Pengunungan Muer Maronge
34. Liang Dewa Pegunungan/Pantai Labangka Labangka
35. Tiu Kulit Bendungan Simu Maronge
36. Gili Tapan Pulau Plampang Maronge
37. Jemplung Pantai Labuhan Jambu Tarano
38. Pantai Maci Pantai/Selancar Mata Tarano
39. Pulau Rakit Pantai Labuhan Jambu Tarano
40. Pulau Depi Pantai Labuhan Bontong Tarano
41. Brang Bako Pantai Jotang Empang
42. Teluk Saleh Pantai Labuhan Jambu Tarano
43. Pulau Raja Kepe Pulau/Pantai Empang Empang
44. Pantai Sili Pantai/Selancar Mata Tarano
45. Pantai Tero Pantai Jotang Empang
46. Makam Kerongkeng Kuburan Keramat Kerongkeng Tarano
47. Batu Gong Gong Terbuat Dari Batu Orong Bawa (Utan) Utan
48. Gili Bedil Pulau/Pantai, Alam Laut Labuhan Padi Utan
49. Gili Keramat Pulau/Pantai, Alam Laut Labuhan Padi Utan
Sumber : Disporbudpar
Source: www.pulausumbawanews.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Tempat Wisata di Sumbawa.
<< >>