• img

Wisata Alam Ke Curug Nangka Bogor

blog sauted | Rabu, 10 Oktober 2012 | 01:17

Wisata Alam Ke Curug Nangka Bogor
Pintu masuk kawasan Curug Nangka./ Foto: Susi TNOL
Bogor merupakan salah satu wilayah yang memiliki berbagai macam objek wisata, seperti Kebun Raya Bogor, Taman Safari Bogor, Taman Buah Mekarsari, Taman Bunga, Pemandian Air Panas, Curug, dan lain-lain. Dan, tak lupa kawasan wisata yang tak pernah sepi dikunjungi, khususnya di hari libur, yaitu kawasan Puncak, Bogor.

Nah, bagi Anda yang bosan dengan keramaian, namun ingin tetap bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang lebih sejuk dan alami, ada baiknya berwisata ke kawasan curug (air terjun), seperti Curug Nangka.

Curug yang terletak di kaki Gunung Salak ini adalah sebuah kawasan wisata air terjun yang terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Daya tarik utama Curug Nangka adalah air terjun yang mempunyai 3 tahap, dengan masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 m. Sejak 2003, Curug Nangka juga telah masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Letak Curug Nangka ini tidak jauh dari pintu masuk, namun tersembunyi dan bisa dikatakan berada dalam lembah yang curam dan dibatasi tebing-tebing yang tinggi.

Selain Curug Nangka, di kawasan ini juga dapat ditemui dua buah curug lagi, yaitu Curug Kawung dan Curug Daun. Lalu, kenapa kawasan ini disebut Curug Nangka? Pasalnya, menurut Encep, salah satu warga yang sudah berdagang puluhan tahun di Curug Nangka, dahulu di kawasan ini banyak terdapat pohon nangka.

"Terus Curug Nangka itu kan yang paling dekat. Dulu, Curug Kawung dan Daun itu belum bisa dilalui, karena orang penasaran pingin ke atas, lama kelamaan curug diatas dibuka untuk wisata," ujarnya.

Lokasi Curug Daun sendiri letaknya agak di atas dan harus melewati jalan dengan kondisi yang naik dan turun. Untuk mencapainya, dari Curug Nangka harus naik terlebih dahulu menyusuri pinggiran sungai. Jarak dari bawah sekitar 300 hingga 400 meter. Curugnya tidak terlampau tinggi, tetapi aliran airnya cukup deras. Ketinggian Curug Daun ini berkisar sekitar 6 meter.

Sedangkan lokasi Curug Kawung terletak di bagian hulu dari Curug Nangka. Jarak dari curug ini ke Curug Daun sekitar 1 km, dengan kondisi jalan setapak. Tinggi Curug Kawung ini sekitar 25 meter.

Dulu, pengunjung memilih Curug Nangka untuk sekedar mandi atau berfoto-foto, namun kali ini Curug Kawung lah yang sering dikunjungi. Mungkin karena Curug Kawung ini letaknya paling atas, sehingga airnya cukup deras dan masih bersih.

Camping Ground

Selain menyajikan tiga curug, di kawasan ini juga banyak sekali berkeliaran kera-kera liar. Jangan takut dulu, kera-kera ini tidak mencakar kok! Meskipun, terkadang mereka suka mendekati para pengunjung untuk mengambil makanan.

Disamping itu, di kawasan ini juga tersedia area camping ground atau berkemah. Kebanyakan yang kemping disini adalah para pecinta alam.

Kawasan ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti pos jaga, pondok kerja, loket karcis, tempat parkir, MCK, tempat duduk, ruang informasi dan tempat sampah. Selain itu, juga banyak dijumpai warung-warung yang menjajakan makanan.

Nah, untuk menuju Curug Nangka tidaklah sulit. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa naik kendaraan umum trayek 03 jurusan Bogor-Ciapus dari Terminal Ramayana. Waktu tempuh sekitar 45 menit, yang dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang ±1,5 km. Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa langsung sampai di lokasi melalui jalan dengan kondisi yang cukup baik.

Untuk tiket masuk, ada dua pintu masuk di Curug Nangka. Di pintu pertama Anda membayar Rp 5.000 per orang (sudah termasuk asuransi jiwa) dan pintu kedua Anda wajib membayar Rp 4.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan, sebesar Rp 2.000 per kendaraan untuk sekali parkir.

"Dulu hanya satu tiket, sekarang dua kali bayar, yang pertama atau pintu pertama itu untuk Kecamatan Taman Sari dan Tenjolaya. Dan kedua itu tiket untuk Taman Nasional," pungkas Encep. **MS
Source: www.tnol.co.id

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Wisata Alam Ke Curug Nangka Bogor.
<< >>