• img

Beragam Perayaan di Berbagai Belahan Dunia Sambut Tahun Baru 2013

blog sauted | Senin, 31 Desember 2012 | 19:17

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Beragam Perayaan di Berbagai Belahan Dunia Sambut Tahun Baru 2013
Ilustrasi (AFP)

Sydney - Perayaan pergantian tahun nampaknya menjadi perayaan yang paling dinantikan oleh warga dunia. Berbagai macam acara termasuk pesta kembang api digelar di sejumlah negara, mulai dari Sydney hingga ke Moskow dan London, untuk menyambut datangnya tahun 2013.

Seperti dilansir AFP, Senin (31/12/2012), pergantian tahun yang paling pertama akan dirasakan oleh warga Australia yang ada di bagian paling timur. Di kota pelabuhan Sydney akan digelar pesta kembang api meriah dan penuh warna-warni.

"Perayaan tahun baru di Sydney sudah sangat terkenal di dunia dan menarik perhatian miliaran orang -- tidak hanya karena kami yang pertama menyambut tahun 2013, tapi karena perayaan tersebut adalah yang terbaik," tutur Walikota Sydney Clover Moore.

Diperkirakan lebih dari 1,5 juta orang akan berkumpul di tepi laut di kota Sydney untuk menyaksikan langsung pesta kembang api berbobot 7 ton, yang salah satunya akan di luncurkan oleh pesawat jet dan berakhir di Harbour Bridge yang ternama.

Pesta kembang api meriah lainnya juga akan digelar di atas sungai Thames, London, Inggris, kemudian di Lapangan Merah, Moskow, Rusia hingga Victoria Harbour, Hong Kong. Tidak ketinggalan pula, Kuala Lumpur di Malaysia, Taipei di Taiwan, Stockholm di Sweden, Amsterdam di Belanda, dan China, termasuk Jakarta, Indonesia juga menggelar pesta kembang api.

Sedangkan perayaan di New York, Amerika Serikat (AS) yang selama ini menjadi pusat perhatian dunia, tetap akan digelar dengan tradisi penjatuhan bola kristal raksasa dari atas salah satu gedung pencakar langit di kawasan Times Square, New York, tepat saat pergantian tahun.

Di Rio de Janeiro, Brasil, otoritas setempat menggelar pesta kembang api selama 16 menit di atas Pantai Copacabana. Kemudian pesta kembang api juga akan digelar di Berlin, Jerman dan Praha, Republik Ceko. Di Dubai, Uni Emirat Arab, perayaan tahun baru digelar secara mewah dengan acara gala dinner di Burj Khalifa yang kini tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia.

Yang sedikit berbeda terjadi di Myanmar, yakni negara ini untuk pertama kalinya menggelar acara perayaan tahun baru secara besar-besaran. Puncak perayaan akan digelar di Pagoda Shwedagon, Yangon dan diwarnai acara hitung mundur menuju tahun 2013.

Sedangkan di Filipina yang masih berduka atas tewasnya 1.067 orang akibat topan Bopha, topan terdahysat tahun ini, tidak akan digelar perayaan besar-besaran. Otoritas setempat juga bersiaga mengantisipasi perayaan tahun baru yang digelar masing-masing warga dengan bermain kembang api atau bahkan melepas tembakan ke udara, yang seringkali malah memakan korban.

Dilaporkan sejak Natal, sudah ada 171 warga Filipina yang terluka akibat kembang api. Sejumlah rumah sakit setempat pun dalam status siaga tinggi menjelang pergantian baru.

Tidak ketinggalan kota Seoul, Korea Selatan (Korsel), juga ikut menggelar perayaan tahun baru. Warga Seoul akan menyambut datangnya tahun 2013 dengan ritual membunyikan lonceng kota sebanyak 33 kali. Lonceng dari tembaga tersebut sudah ada sejak abad ke-15 lalu. Ritual semacam itu sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Sedangkan pesta kembang api, konser musik dan pesta jalanan juga akan digelar di jalanan Gangnam, Seoul.

Terakhir, warga Jepang juga ikut merayakan pergantian tahun, namun dengan cara megunjungi kuil-kuil untuk berdoa. Keluarga Jepang juga memiliki tradisi menggelar acara kumpul keluarga sembari makan mie soba sambil menonton acara perayaan tahun baru di televisi.

(nvc/ndr)
Source: news.detik.com

<< >>