• img

Dwiki Dharmawan Siap Rilis Ensiklopedi Musik Indonesia di Android dan Apple

blog sauted | Kamis, 20 Desember 2012 | 17:10

Dwiki Dharmawan Siap Rilis Ensiklopedi Musik Indonesia di Android dan Apple
Duet permainan piano Dwiki Dharmawan dan Purwacaraka (sumber: istimewa)
"Jaman sudah berubah."

Memasukkan unsur etnik dalam tiap musiknya adalah upaya Dwiki Dharmawan untuk mengangkat dan memperkenalkan Indonesia kepada khalayak baik di dalam maupun luar negeri.

Selain fokus pada penggarapan musik-musik etnik jazz dan beberapa festival jazz di tanah air, kini suami dari penyanyi pop lawas Ita Purnamasari itu tengah menyiapkan sebuah ensiklopedi musik tradisional dalam bentuk video yang nantinya bisa didapatkan di app store atau di Google store.

"Namanya Negeri Sejuta Bunyi. Memperkenalkan alat musik khas Indonesia seperti Gordang Sembilan, Sasando, Sike Rebana, Gamelan Jegog dan banyak lagi," kata Dwiki saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (17/12).

Aplikasi interaktif berbentuk video yang akan dirilis pada awal 2013 itu nantinya bisa diunduh lewat android atau perangkat Apple secara gratis. Sampai saat ini, Dwiki telah mengumpulkan 4 jenis alat musik tradisional Indonesia.

"Target tiap tahun bikin 10. Rencana minimal ada 300 alat musik. Sekarang didukung Mendikbud. Ini sekaligus akan jd library musik tradisi Indonesia, sehingga kalau diklaim lagi bisa ditunjukkan kita punya bukti," terangnya.

Dalam prosesnya, Dwiki dibantu oleh sejumlah Etno Musikolog seperti Ade Rudiana, Nyoman Minde dan beberapa Profesor dari jurusan Etno Musikolog.

"Jaman sudah berubah. Sekarang anak muda sudah enggak mau meluangkan waktu baca buku. Jadi pendekatannya lewat gadget," tuntasnya.

Penulis: Yanuar Rahman/Teddy Kurniawan
Source: www.beritasatu.com

<< >>