• img

Mau Traveling ke Papua? Baca Dulu 5 Tips Ini

blog sauted | Sabtu, 15 Desember 2012 | 13:56

Mau Traveling ke Papua? Baca Dulu 5 Tips Ini
Beberapa maskapai yang melayani rute penerbangan di papua

detikTravel Community - Traveling ke Papua akan memberikan pengalaman yang sulit dilupakan. Keindahan alam dan beragam kebudayaan berlimpah di sana. Jika ingin ke Papua, baca dulu 5 tips berikut ini agar perjalanan makin berkesan.

Banyak yang bermimpi mengunjungi ujung timur Indonesia ini. Papua memang menyimpan pesona dan misteri yang menarik untuk dikulik. Tapi kontur alam yang bervariasi, sistem transportasi yang cukup sulit, dan ancaman penyakit membuat para traveler harus mempersiapkan diri sebelum mengunjungi salah satu pulau terbesar di Indonesia ini.

Berikut 5 tips yang dapat anda perhatikan sebelum memulai perjalanan ke Bumi Cendrawasih:

1. Kenali wilayah yang akan Anda datangi

Ukurannya yang gigantis membuat kontur alam Papua dapat sangat berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Jika pergi ke Wamena yang merupakan dataran tinggi dan lembah, maka persiapannya berbeda ketika Anda datang ke Raja Ampat yang didominasi oleh lautan.

Mengenali daerah yang akan Anda kunjungi akan membantu dalam mempersiapkan kebutuhan pribadi dan hal-hal penunjang lainnya. Internet bisa menjadi media informasi pilihan.

2. Susun rencana perjalanan sebaik mungkin

Usahakan untuk mengunjungi daerah yang berdekatan terlebih dulu. Hal ini untuk menghemat biaya transportasi. Selain itu, ada baiknya Anda melakukan booking pesawat jauh hari dapat membantu untuk menekan biaya transportasi. Beberapa tempat di Papua dapat dilalui dengan kendaraan darat, sedangkan beberapa daerah lainnya hanya dapat dijangkau dengan pesawat perintis.

3. Bergaul dengan orang lokal

Bukan hanya untuk mendapatkan banyak teman, tetapi bergaul dengan orang lokal akan menambah wawasan Anda tentang daerah tujuan. Beberapa informasi penting seperti penginapan, tempat wisata yang khas dan unik, ataupun harga tiket pesawat perintis, serta jam keberangkatan bisa didapat dari orang lokal.

4. Persiapkan kebutuhan pribadi yang disesuaikan dengan lama perjalanan

Papua masih dibayangi penyakit Malaria. Perlu kiranya Anda melindungi diri dengan menggunakan obat profilaksis Malaria. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang jenis obat yang cocok.

Apabila Anda memiliki kebutuhan khusus lainnya, sebaiknya bawalah dalam jumlah yang memadai. Di beberapa kota besar di Papua, Anda dapat menemukan swalayan atau Toserba, tetapi di kabupaten terpencil hal ini akan menjadi sangat sulit.

Kenali tanda-tanda penyakit dan kapan Anda perlu mengunjungi dokter, jangan tunggu hingga kondisi kesehatan memburuk. Anda tidak ingin menghabiskan waktu liburan anda di rumah sakit bukan?

5. Buka diri Anda untuk sensasi pengalaman dan tradisi yang baru

Tidak dapat dipungkiri, masyarakat Papua memiliki tradisi dan adat istiadat yang jauh berbeda dari kebanyakan daerah di Indonesia. Bagi beberapa orang hal ini bisa memberikan 'culture shock'. Dengan berpikiran terbuka dan mengizinkan diri untuk mendapatkan pengalaman yang baru, Anda dapat belajar banyak dari kearifan lokal masyarakat di timur Indonesia ini. *(Husni Mubarak Zainal - d'Traveler)
Source: .travel.detik.com.

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Mau Traveling ke Papua? Baca Dulu 5 Tips Ini.
<< >>