• img

Seni Tradisional Banyak Mengandung Tuntunan

blog sauted | Sabtu, 08 Desember 2012 | 13:06

Seni Tradisional Banyak Mengandung Tuntunan
RETNO HERIYANTO/"PRLM" KESENIAN Jipeng memiliki kekayaan harmoni nada.*

BANDUNG, (PRLM).- Kesenian tradisional maupun kesenian buhun bukan hanya sekadar tontonan ataupun hiburan semata, tapi juga banyak hal yang berisikan tuntunan. Generasi muda harus sering disuguhi tontonan tradisional agar lebih mengenal jati diri bangsa dan seni budayanya serta menimba nilai-nilai didalamnya.

“Pemerintah ataupun instansi terkait, terutama DPRD selaku pengambil kebijakan seharusnya lebih tahu kalau pegelaran kesenian tradisional tidak hanya sekedar bentuk hiburan yang mengedepankan sisi pelestarian ataupun pengembangan. Tapi lebih dari itu, seharusnya mereka mengetahui kalau di dalam kesenian tradisional juga banyak terdapat nilai-nilai kehidupan yang masih relevan dengan kondisi kekinian, dan hal ini berbeda dengan kesenian saat ini yang lebih mengarah pada sisi hiburan dan sekadar tontonan saja,” ujar Ceu Yeti Mamat, tokoh seni tari Jabar, mengomentari pegelaran kesenian tradisional Jipeng Satia Pulun Kampung Adat Banten Kidul Ciptagelar hasil Program Pewarisan Seni Tradisional, bertempat di Teater Terbuka Taman Budaya Jabar, Sabtu (10/11) malam.

Hal senada diungkapkan oleh actor senior Rahmat Hidayat, kalau pegelaran seni tradisional bukan hanya dimaksudkan untuk pengembangan dan pewarisan saja agar kesenian tetap terjaga dan tidak punah. “Tapi ada misi atau tujuan yang lebih luhur dari sekedar pegelaran tersebut, yaitu agar generasi muda lebih mengenal jati diri bangsa dan seni budayanya serta menimba nilai-nilai didalamnya,” ujar Rahmat Hidayat.

Sementara Hanna dan beberapa rekannya sesama mahasiswa asal Canada yang sedang menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi negeri Kota Bandung, mengatakan kalau kesenian Jipeng merupakan kesenian yang memiliki kekayaan harmoni nada yang berbeda atau memiliki kekhasan. “Suara klarinetnya seakan tidak asing terdengar, juga suara trombon dan baritonya. Hanya yang aneh suara snare dan bas drum yang mirip suara gendang,” ujar Hanna (22). (A-87/A-147)***
Source: www.pikiran-rakyat.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Seni Tradisional Banyak Mengandung Tuntunan.
<< >>