• img

Pesona Spermonde, Surga Bagi Penyelam

blog sauted | Rabu, 23 Mei 2012 | 01:45

Pesona Spermonde
Idham Ama/Fajar
SPERMONDE. Bibir pantai Pulau Kapoposang dengan keindahan alam dan panorama bawah laut berupa terumbu karang.
Laporan: Irwan Kahir, Pulau Kapoposang, Pangkep

Bila Anda pelancong, tak lengkap rasanya kalau tidak ke Pulau Kapoposang. Pulau yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat, ini merupakan surge bagi diver (penyelam).

Untuk memperkenalkan deretan kawasan Spermonde atau gugusan pulau-pulau kecil di sepanjang garis pantai perairan Makassar yang eksotis dengan pemandangan bawah lautnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulsel menggelar Press Tour & Marine Excursion di Kepulauan Spermonde, Jumat-Minggu, 18-20 Mei.

Selain jurnalis cetak dan elektronik, kegiatan tersebut juga diikuti Makassar Diving Center (MDC), Spermonde Dive Center (SDC), Marinir TNI AL, dan Diskes Lantamal VI, dan sejumlah komunitas Blogger.

Lebih dari 130 pulau berpenghuni dan tidak berpenghuni di perairan Sulawesi Selatan termasuk dalam kawasan Spermonde. Keberadaan pulau-pulau ini menjadi potensi wisata bawah laut Sulawesi Selatan. Pulau Samalona, Kodingareng Keke, Lanjukang hingga Kapoposang, merupakan diving spot yang istimewa.

“Pemandangan bawah air yang ada di Sulsel, juga menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” ujar Ketua Umum Gabungan Pengusaha Industri Wisata Bahari Sulsel, Andi Januar Jaury saat mengunjungi beberapa kawasan Spermonde, pekan lalu.

Malah, kata anggota DPRD Sulsel dari Partai Demokrat ini, wsata bahari Sulsel tidak kalah dengan daerah lain, seperti Bunaken dan Raja Ampat. “Ini tugas pemerintah dan media untuk memperkenalkan wisata bahari yang ada di Sulsel," papar Januar.

Januar menambahkan, wisata bahari merupakan wisata yang paling banyak menyumbang devisa buat negara. Hampir 40 persen dari pendapatan pariwisata Indonesia dihasilkan oleh wisata bahari. Bahkan, menurut dia, wisata bahari akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Wisata bahari menjadi wisata paling populer saat ini, bahkan negara seperti Malaysia dan Singapura lagi gencar-gencarnya melakukan promosi wisata bahari. Padahal wisata bahari mereka kalah jauh dari negara kita, tapi mereka pintar mempromosikan wisata baharinya", lanjutnya.

Kepala Seksi Pemanfaatan Objek dan Daya Tarik Wisata Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Takdir H. Wata juga menyebut, potensi bahari di Sulsel tidak kalah menarik dengan daerah lain. Bidang destinasi berupaya mengembangkan potensi wisata di kepulauan yang ada di Sulsel.

Dalam Press Tour & Marine Excursion ini, peserta bisa menyaksikan beberapa pulau yang mempunyai pemandangan bawah laut yang sangat indah. Antara lain Pulau Taka Bakang atau pulau di bawah laut dan Pulau Kapoposang.
Kedua pulau tersebut mempunyai keunikan karang yang sangat indah. Di Pulau Kapoposang, misalnya, mempunyai tebing karang yang sangat eksotis bagi penyelam.

Pulau Kapoposang tak hanya memiliki pasir putih dengan pohon cemara dan nyiurnya yang menghijau. Perairan Kapoposang juga menjanjikan pemandangan eksotis serta pesona bawah laut yang tiada tandingnya di Kepulauan Spermonde.

Syukri salah satu instruktur diving mengatakan, rugi bila seseorang ke Kapoposang tidak melakukan diving. Menurutnya, struktur karang di Pulau Kapoposang ini sangat unik karena tebing karang berbentuk goa dan palung.

"Uniknya di Pulau Kapoposang ada karang yang sampai 1000 meter," papar Syukri. Meskipun unik, tapi menurut Syukri, karang di Pulau Kapoposang tidak seindah dulu karena ulah masyarakat yang membuat karang rusak. Bahkan biota laut seperti Kima atau dalam bahasa Bugis disebut talibbo susah lagi ditemukan.

Bukan cuma wisata bawah airnya yang memukau pengunjung, wisata bahari lain seperti pemandangan pantai terutama di kawasan Spermonde -- di Pulau Kapoposang tidak kalah indah.

Bahkan di pulau yang berpenduduk sekitar 200 orang ini mempunyai pemandangan pantai yang sangat indah. Pemandangan pantai yang terletak di Desa Mattiro Ujung Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan ini cukup unik karena di pinggiran pantai tumbuh pohon pinus dengan pohon kelapa yang membuat sejuk.

Wisata bahari Pulau Kapoposang bertambah lengkap dengan adanya penangkaran penyu sisik. Yang lebih menarik karena wisatawan bisa melepas langsung penyu sisik tersebut ke laut.

Goffur, tim medis dari TNI AL mengaku kagum dengan eksotisme Pulau Kapoposang yang sangat indah ini. Bahkan, menurut dia, pulau ini bisa dianggap surga dunia bagi diver. "Baru lihat pulau seperti ini. Ternyata ada pulau yang indah seperti ini di Sulsel. Tidak rugi saya ke sini," paparnya. (*/sil)
Source: www.fajar.co.id

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Pesona Spermonde, Surga Bagi Penyelam.
<< >>