• img

Ini Dia 10 Benda yang Bakal Punah, Apa Sajakah?

blog sauted | Selasa, 26 Juni 2012 | 07:43

2835nwoar.blogspot.com
Ini Dia 10 Benda yang Bakal Punah, Apa Sajakah?
Kunci rumah

REPUBLIKA.CO.ID, Besar kemungkinannya kalau benda-benda seperti rangkaian kunci, jepitan jemuran dan waveboard akan dilupakan manusia 100 tahun mendatang. Karena itulah Openluchtmuseum di Arnhem, Belanda, meminta masyarakat untuk memilih benda paling populer tahun 2012 supaya bisa disampaikan kepada generasi mendatang.

Telah lama Openluchtmuseum menyimpan barang kebutuhan sehari-hari yang tidak spesial sama sekali sehingga kita lupa untuk mendatanya. Klompen (sepatu kayu) serta ranjang lipat (yang bisa disimpan dalam lemari) adalah contoh benda yang sudah disimpan di Openluchtmuseum sejak penduduk Belanda masih menggunakannya.

Kini Openluchtmuseum telah berusia 100 tahun. Dalam rangka memperingati hari jadinya, pengelola museum menyerukan warga Belanda untuk merekomedasikan benda terpopuler tahun 2012 untuk disimpan sebagai koleksi museum. Daftar 10 benda yang menduduki posisi teratas telah diumumkan dan pemenangnya adalah... rangkaian kunci!

Rangkaian kunci

Beberapa tahun lagi, mungkin kunci tidak dibutuhkan lagi. Untuk membuka pintu, kunci akan digantikan oleh kartu pas atau scan retina.

Waveboard

Skateboard ini banyak dimainkan oleh anak-anak Belanda di jalanan. Mainan ini sangat populer sejak musim panas 2011. Namun pengalaman mengajarkan kalau mainan semacam ini tidak akan bertahan lama.

Perangkat gourmet

Keluarga-keluarga Belanda banyak menggunakan panci datar listrik ini untuk barbeque di hari libur atau ketika cuaca cerah. Anggota keluarga pun asyik membakar sendiri daging, ikan atau sayur kesukaannya. Acara semacam ini sangat digemari oleh anak-anak. Kalau tidak punya panci datar ini, pinjam saja ke tetangga sebelah.

Lampu hemat energi

Ramah lingkungan dan ringan di kantong. Lampu ini lebih baik daripada lampu pijar yang sedikit demi sedikit akan hilang dari pertokoan.

Jepitan jemuran

Desainnya sudah berumur ratusan tahun. Benda ini dirancang untuk menggantung cucian, tapi banyak juga digunakan untuk menutup bungkusan keripik yang terbuka atau membuat tenda dengan taplak meja. Lama-kelamaan, kehadiran mesin pengering akan mendesak jepitan jemuran menghilang dari peredaran.

Panduan pengejaan bahasa Belanda

Ini merupakan simbol perubahan dan juga hilangnya buku cetak serta bahasa Belanda. Yang pasti, banyak kata dari panduan pengejaan yang menjadi asing dalam waktu 100 tahun ke depan.

Foto yang dicetak

Fotografi secara digital, berarti untuk melihatnya kita harus menggunakan laptop, smartphone, atau bingkai foto digital. Album foto berisi foto-foto yang dicetak di atas kertas foto akan berakhir menjadi tumpukan di lemari.

Teko kopi Douwe Egberts

Douwe Egberts adalah merk kopi terkenal di Belanda sejak tahun 1753. Meski banyak saingan, kopi bermerk tersebut tetap berjaya. Kini konsumen dapat mengumpulkan poin di balik tiap kemasan dan menukarkannya dengan sendok perak atau mesin kopi listrik.

CD album Adele 21

Warga Belanda sangat menyukai penyanyi Inggris bernama Adele. Adele sangat populer sampai-sampai dimasukkan ke dalam daftar koleksi Openluchtmuseum Belanda.

Peta perjalanan

Peta perjalanan ini hampir punah akibat kehadiran alat navigasi digital. Bersamaan dengan punahnya peta perjalanan, pertengkaran antara pengendara mobil dan navigatornya dalam menemukan jalan pun dapat terselesaikan.

Redaktur: Endah Hapsari
Sumber: RNW
Source: www.republika.co.id

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Ini Dia 10 Benda yang Bakal Punah, Apa Sajakah?.
<< >>