• img

Ulama Pakistan-Indonesia Diskusi Pendidikan Islam

blog sauted | Rabu, 27 Juni 2012 | 11:05

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- UIN Syarif Hidayatullah bekerja sama dengan PAK Institute for Peace Studies (PIPS) menyelenggarakan dialog dengan tema 'Challenges Facing Indonesia and Pakistan in Religious, Educational and Intellectual Perspectives; prospects for experience sharing and engagement', Senin (25/6).

PPIPS adalah lembaga riset non pemerintah yang melakukan analisis terhadap politik, sosial dan agama.

Dialog antar ulama ini bertujuan sebagai wadah tukar fikiran mengenai sistem pendidikan di islam di kedua negara, pluralisme dan kebijakan terhadap agama. Dialog ini juga bertujuan membangun komunikasi antara tokoh-tokoh Muslim Indonesia dan Pakistan.

Dialog diikuti oleh delegasi Pakistan dan Indonesia yang masing-masing berjumlah 12 orang dan afiliasi dan latar belakang organisasi keagamaan yang berbeda. Delegasi Pakistan misalnya sebagian berasal dari sunni, syiah, dan salafi.

Sementara dari Indonesia, delegasi berasal dari kalangan Nahdatul Ulama, Muhammadiyah dan para akademisi. Delegasi Indonesia misalnya diwakili oleh Rektor UIN, Komaruddin Hidayat, Azyumardi Azra, K.H Hasim Muzadi, Profesor Atho Mudzhar dan dari kalangan akademisi lainnya.

Dialog dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama membahas modernisasi sistem pendidikan Islam di kedua negara, termasuk tukar informasi dan tukar pikiran bagaimana Indonesia memulai proses demokrasi sistem pendidikan dengan tetap mempertahankan identitas keislaman.

Sementara sesi kedua fokus pada isu toleransi beragama. Sesi ini menjadi forum saling tukar menukar informasi bagaimana kedua negara mengapresiasi sekaligus mencari solusi terhadap pandangan keagamaan. Adapun sesi ketiga membicarakan bagaimana kebijakan negara terhadap agama di kedua negara. Forum juga membahas sejauh mana negara mengakomodir nilai-nilai Islam baik dalam bentuk legar formal dan lainnya.

Redaktur: Hafidz Muftisany
Reporter: Lingga Permesti

Source: www.republika.co.id

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Ulama Pakistan-Indonesia Diskusi Pendidikan Islam.
<< >>