• img

Tren Peminat Kopi Terus Bertambah :: Jadi Gaya Hidup

blog sauted | Rabu, 12 September 2012 | 01:55

 Tren Peminat Kopi Terus Bertambah
ist
Oleh: Dahlia Krisnamurti
INILAH.COM, Jakarta - Sama seperti tradisi ngeteh, minum kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban, terlebih kebiasaan itu 'menyerang' kaum perempuan.

Bahkan tradisi minum kopi akhirnya tidak hanya sekadar pelepas dahaga namun menjadi gaya hidup Banyak aktifitas kehidupan masyarakat seperti rapat, pertemuan bisnis, reuni, kencan dan lain sebagainya dihiasi dengan secangkir kopi.

Tidak hanya itu sejumlah tempat minum kopi pun didesain secara khusus, sehingga suasana minum kopi benar-benar membawa suasana segar dan nyaman.

Hal inilah yang membuat tren peminum kopi terus meningkat tajam dan mengilhami terbentuknya Kelompok Pemikat Kopi (KPK) guna memasyarakatkan kopi agar lebih menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia.

"Komunitas ini juga sebagai ajang silaturahmi bagi para pecinta kopi Indonesia, agar bisa saling memberikan informasi tentang aneka ragam kopi Indonesia, sekaligus memberikan kontribusi bagi perkembangan industri kopi Indonesia," kata Lisa Ayodhia, penggagas komunitas pencinta kopi dalam acara workshop wanita,cinta & kopi di Jakarta, Senin Malam (10/9).

Menurut Lisa, di Indonesia ada banyak penikmat kopi. Mereka menikmati berbagai rasa dan aroma kopi domestik, juga karena manfaat kopi bagi kesehatan atau karena kedua-duanya.

"Tidak sedikit kaum perempuan senang menghabiskan paginya dengan menikmati segelas kopi," jelas Lisa.

Bagi kaum wanita, sambung Lisa, kopi memberikan berbagai macam manfaat, di antaranya: mengatasi stres, meminimalisir risiko terkena serangan jantung dan stroke bagi wanita, dan meminimalisir risiko terkena kanker Endometrium pada wanita.
Para peneliti bahkan menemukan bukti bahwa ternyata kopi lebih bermanfaat mengurangi risiko kanker dibanding teh hijau, ini karena kopi memiliki tingkat oksidan lebih baik dibanding dengan teh hijau.

"Kopi ternyata juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit perempuan. Biasanya perawatan kecantikan dengan menggunakan kopi dilakukan dengan menggunakan bubuk kopi sebagai scrub pada tubuh," katanya.

Sementara itu, pakar kopi Indonesia sekaligus penulis buku tentang kopi menambahkan Indonesia memiliki beragam biji kopi yang berkualitas.

Namun diharapkan para pengelola kedai kopi lokal itu mengerti benar teknik memilih kopi lokal berkualitas baik, juga faktor apa saja yang membuat biji kopi lokal tersebut menjadi lebih berkualitas.

Menurut Edy, meski bangsa ini punya koleksi jenis kopi yang sama dengan negara di belahan dunia lainnya, yaitu arabika, liberika, dan robusta, tidak semua bisa tumbuh dengan hasil yang baik.

"Yang bisa berkembang sempurna di Indonesia kebanyakan adalah jenis arabika. Hal ini berkaitan dengan kondisi agraris Indonesia yang lebih cocok untuk kopi jenis arabika," ungkap Edy, [mor]
Source: gayahidup.inilah.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Tren Peminat Kopi Terus Bertambah :: Jadi Gaya Hidup.
<< >>