• img

Bahaya Hak Tinggi : Fakta atau Mitos?

blog sauted | Selasa, 02 Oktober 2012 | 19:51

Bahaya Hak Tinggi: Fakta atau Mitos?
photo by oplife
Hak tinggi tak bisa dipungkiri merupakan penunjang penampilan Anda. Dengan high heels, Anda bisa mendapatkan kesan mewah, seksi, dan elegan. Namun, benarkah menggunakan high heels berbahaya bagi kesehatan? Benarkah hak tinggi bisa menimbulkan varises pada kaki Anda? Bahaya hak tinggi seakan menjadi momok bagi para wanita karir yang tidak bisa menghindari mengenakan sepatu hak tinggi setiap harinya. Sebelum Anda melabeli hak tinggi sebagai sesuatu yang berbahaya, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui fakta sesungguhnya tentang hak tinggi. Hak tinggi tidak selalu merupakan sumber masalah bagi kaki Anda. Membuangnya tidak berarti Anda juga membuang rasa sakit di kaki Anda. Ada beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang penggunaan sepatu hak tinggi.

Sebenarnya, menurut peneliti, penggunaan hak tinggi tidak berbahaya asalkan memenuhi kriteria aman. Kriteria aman bagi sepatu hak tinggi adalah hak yang tingginya tidak boleh lebih dari 1 inchi. Ini karena sepatu dengan ketinggian lebih dari satu inchi lebih beresiko mencederai kaki Anda. Tidak hanya itu, apabila Anda secara rutin memakainya, kaki Anda lambat laun akan terlihat menyerupai bentuk sepatu hak tinggi tersebut. Ini karena semakin tinggi hak yang Anda kenakan, semakin tinggi pula ketidak stabilan yang Anda bebankan pada kaki Anda. Untuk membenahi ketidak seimbangan ini, tulang belakang Anda akan condong ke belakang. Ini bisa menimbulkan penyumbatan pada punggung bagian bawah. Penggunaan hak tinggi secara terus-menerus pun bisa menimbulkan resiko radang ibu jari dan rusaknya tulang telapak kaki.

Selain itu, bahaya hak tinggi yang berlebihan juga mempengaruhi lutut Anda. Ini karena pada saat Anda mengenakan sepatu hak tinggi, postur tubuh Anda menambah beban pada lutut bagian belakang. Itu adalah daerah yang umumnya terserang osteothritis. Selain itu, sepatu hak tinggi juga membuat bobot tubuh Anda terdorong ke depan. Ini menimbulkan tidak sejajarnya tulang belakang dan pinggul Anda. Bahaya lain lagi adalah berkontraksinya otot betis untuk menyesuaikan sudut sepatu hak tinggi Anda. Ini akan membuat otot menjadi tegang dan lebih pendek. Apabila sepatu hak tinggi yang Anda kenakan juga menyempit di bagian depan, maka penebalan jaringan syaraf pada jari-jari kaki Anda juga akan terjadi, menimbulkan sensasi mati rasa dan sakit.

Untuk menghindari itu semua, pastikan Anda memiliki sepatu lain selain jenis hak tinggi dan pakailah hak tinggi Anda di saat-saat tertentu saja. Apabila Anda memang harus menggunakan sepatu hak tinggi setiap harinya, pastikan tinggi haknya tidak lebih dari satu inchi. Terapi untuk kaki Anda juga bisa dilakukan. Berjalanlah di atas bebatuan berbentuk bulat atau di hangatnya pasir pantai. Tak lupa, pijat-pijat lembut lah kaki Anda secara rutin untuk melancarkan peredaran darahnya. Bahaya hak tinggi bisa dihindari apabila Anda menyiasati penggunaannya dengan benar.
Source: lovira.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Bahaya Hak Tinggi : Fakta atau Mitos?.
<< >>