• img

Berselancar dan Menikmati Eksotika Nias

blog sauted | Selasa, 23 Oktober 2012 | 01:26

Berselancar dan Menikmati Eksotika Nias
Rumah adat Nias. (uttmanulang.blogspot.com)

VIVAlife - Wisata di kawasan Asia yang paling menyimpan eksotika sebenarnya adalah negara kita sendiri. Banyaknya sejarah yang bisa digali menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan wisata. Tidak saja pemandangan alamnya yang asri tapi juga keragaman budaya yang jelas unik dan memikat hati.

Pulau Nias, nias misalnya, pulau yang terletak di tengah Samudera Hindia ini seakan menjadi rumah bagi budaya zaman batu kuno yang patut Anda kunjungi. Jaraknya sekitar 125 km di sebelah Barat Pulau Sumater. Pulau ini juga dikelilingi 27 pulau kecil. 11 diantaranya sudah dihuni dan yang lainnya masih berupa pulau kosong.

Memiliki luas sekira 5.000 km², Nias merupakan pulau yang terbesar di antara pulau-pulau di sekitarnya. Untuk menjelajah alam Nias, Anda dapat memulainya dari Gunungsitoli yang merupakan ibukota Nias. Museum Pusaka Nias adalah tempat yang harus dikunjungi. Di sini tersimpan sekitar 6.500 koleksi benda-benda budaya peninggalan masyarakat Nias kuno.

Tradisi peninggalan leluhur pun masih diberlakukan hingga sekarang. masih terjaga keasliannya, tanpa terkontaminasi dengan budaya Barat. Pulau yang sering disebut dengan Taho Niha atau tanah manusia ini sangat dicari karena budayanya.

wisata nias

Salah satu atraksi budaya batu yang tersohor adalah lompat batu. Dimana para pemuda setempat melompati sebuah dinding batu setinggi dua meter. Tradisi lompat batu ini terlahir dari kebiasaan perang antar desa. Masyarakat desa memang dilatih untuk bisa melompat setinggi dua meter untuk dapat melewati benteng yang dibangun mengelilingi desa.

wisata nias

Nias juga banyak dikunjungi oleh turis-turis yang ingin berselancar. Mereka mengatakan, Nias memiliki ombak terbaik yang ideal untuk mendapatkan lompatan cantik selancar. Pantai Teluk Dalam, Pantai Charlita, Pantai Lagundri Sorake, dan banyak pantai lainnya. Selain pantai Nias juga memiliki wisata andalan lainnya. Gomo yang merupakan peninggalan jaman megalitikum. Selain itu ada juga air terjun Luaha Ndroi dan Mo'ambolo.

Untuk sampai ke Pulau Nias, Anda dapat menggunakan jalur transportasi udara, melalui Medan. Penerbangan dari Medan ke Nias memakan waktu sekitar 55 menit. Atau jika Anda lebih memilih jalur laut sambil menikmati keindahannya, Anda bisa menumpang kapal dari Sibolga ke Gunungsitoli.
Source: life.viva.co.id

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Berselancar dan Menikmati Eksotika Nias.
<< >>