• img

5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Traveling

blog sauted | Kamis, 29 November 2012 | 00:05

5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Traveling
dok. Thinkstock

Jakarta - Traveling sambil wisata kuliner adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tapi, bukan berarti sepulang berlibur Anda malah jadi kelebihan berat badan. Untuk bisa menjaga berat badan saat traveling, ikuti 5 tips ini.

Mencicipi aneka kuliner khas tempat Anda berlibur adalah salah satu kegiatan traveling yang paling menyenangkan. Kadang, tak terasa berat badan malah jadi naik karena lupa untuk menjaganya. Pada Rabu, (28/11/2012), detikTravel menghimpun 5 tips untuk menjaga berat badan saat traveling:

1. Jaga pola makan

Menjaga pola makan saat traveling adalah salah satu yang wajib dilaksanakan jika Anda ingin tetap menjaga berat badan. Jika pada siang dan malam hari Anda punya rencana wisata kuliner, sebaiknya jangan makan makanan berat saat sarapan.

Jika Anda juga berencana menikmati kuliner dengan kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi, sebaiknya pesanlah makanan setengah porsi saja. Selain bisa tetap menjaga berat badan, Anda juga tetap bisa mencoba makanan lainnya dengan cara ini, karena perut belum terasa kenyang.

2. Tetap olahraga saat traveling

Traveling bukan berarti berhenti untuk berolahraga. Lakukanlah olahraga ringan di kamar hotel pada pagi hari dan sebelum tidur. Jika hotel tempat Anda menginap memiliki fasilitas kolam renang, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak dengan berenang. Selain badan terasa segar sebelum menjelajah sudut-sudut kota lainnya, olahraga juga bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

3. Hindari naik kendaraan umum untuk jarak dekat

Jika olahraga terlalu sulit dilakukan saat traveling, Anda bisa melakukan cara lain untuk menjaga berat badan. Adalah menghindari naik kendaraan umum untuk pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh. Berjalan atau menyewa sepeda sepertinya bisa membuat traveling Anda lebih seru. Selain bisa membakar kalori, Anda juga bisa sambil menikmati pemandangan sekitar.

4. Hindari junk food

Junk food adalah jenis makanan yang paling mudah didapatkan saat traveling, terutama di kota-kota besar. Tapi, jangan terpengaruh dengan mudah mendapatkannya, lalu Anda bebas untuk makan junk food. Sebaiknya pilih makanan yang lebih sehat, seperti mencoba kuliner khas daerah tempat Anda berlibur. Selain lebih sehat dan bisa mencoba makanan baru, biasanya harganya lebih murah.

5. Banyak minum air putih dan makan buah

Berburu makanan khas daerah tempat Anda berlibur pasti sangat seru. Hampir semua makanan sepertinya ingin dipindahkan ke dalam perut. Ets, Anda bisa saja mencicipi semua makanannya, tapi jangan lupa untuk banyak minum air putih dan makan buah. Dijamin, liburan Anda akan terasa lebih sehat.

Oleh: Dicky Ardian - detikTravel
Source: travel.detik.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel 5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Traveling.
<< >>