• img

5 Lokasi Penyelaman Eksotik di Indonesia

blog sauted | Jumat, 21 Desember 2012 | 16:20

5 Lokasi Penyelaman Eksotik di Indonesia
Lokasi penyeaman Raja Ampat di Papua (Ist.)
Sebagai negara kepulauan tropis, Indonesia tentu memiliki segudang lokasi wisata bahari. Meski tak sedikit yang rusak karena kurangnya kesadaran soal konservasi, beberapa lokasi masih menyimpan pesona yang tak kalah dengan tempat-tempat lain di seluruh dunia, salah satunya lokasi penyelaman.

Tak cuma dikagumi wisatawan domestik, keindahan lokasi penyelaman yang ada di Indonesia juga sering terdengar sampai luar negeri. Selain memberi pengalaman lebih menikmati wisata bawah air, lokasi yang khas dengan iklim tropis yang hangat, membuat lokasi penyelaman di Indonesia sering menjadi tujuan wisata masyarakat internasional.

Beberapa lokasi penyelaman dikenal memiliki keindahan dan karakter pemandangan bawah laut yang khas. Berikut 5 diantaranya:

Raja Ampat

Kawasan kepulauan Raja Ampat sering menjadi tujuan wisata petualangan wisatasan mancanegara dari berbagai penjuru dunia. Setiap tahunnya, para wisatawan baik lokal sampai mancanegara sering datang di lokasi ini hanya untuk menikmati keeksotikan kawasan penyelaman ini. 75 % jenis terumbu karang yang ada di seluruh dunia terdapat di kawasan ini.

Sayangnya eksploitasi berlebihan penduduk setempat yang sering mencari ikan dengan bom dan racun sianida sempat mengancam kelangsungan ekosistem bawah laut di kawasan ini. Hal ini yang pada akhirnya Bank Dunia bekerja sama dengan lembaga lingkungan global menetapkan Raja Ampat mendapatkan bantuan Coral Reef Rehabilitation and Management Program sejak 2005.

Lokasi Raja Ampat terletak di Papua Barat, dan terkabung dalam kabupaten Waisai. Untuk menjangkaunya, Anda bisa menggunakan jalur darat, dengan perjalanan 1,5 sampai 2 jam dari kota Sorong.

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Selain dapat melihat langsung habitat kadal terbesar di dunia, Komodo, di pulau yang terletak di ujung barat Provinsi NTT ini, kita juga bisa menjumpai lokasi penyelaman yang eksotik. Lokasi ini terletak di antara Pulau Sumbawa (NTB) dan Pulau Flores (NTT).

Kawasan yang masuk dalam "New Seven Wonders of Nature" pada tahun 2009 ini banyak dikagumi turis manca negara. Beberapa wisatawan asing bahkan sempat mengakui pulau komodo merupakan diving site terbaik yang di miliki Indonesia.

Pulau Bunaken
Pulau Bunaken

Tebang ke pulau Sulawesi, tepatnya Sulawesi Utara di kota Manado. Disini kita juga bisa menjumpai salah Satu ‘Dive Spot’ terbaik terbaik di dunia yang dimiliki Indonesia. Lokasi ini bernama kawasan Taman Nasional Bunaken. keindahan Dive Spot di sini tampak dari kekayaan hayati kelautan tertinggi di dunia.

Taman laut Bunaken terletak di Segitiga Terumbu Karang, terdiri dari Lima buah pulau selain Bunaken, ada Manado Tua, Siladen, Naen dan Mantehage. Di pulau bunaken terdapat sedikitnya 20 titik penyelaman. Meski demikian, hanya 12 titik penyelaman yang sering didatangi para wisatawan.

Wakatobi
Wakatobi

Keanekaragaman hayati bawah laut juga dapat dinikmati di dive spot Wakatobi. Di kawasan ini terdapat 750 dari 850 spesies koral, jenis karang yang beragam serta biota laut yang jarang di temukan di wilayah lainnya. Karena keaslian ini menjadikan wakatobi sebagai diving site "wajib" diver dunia.

Wakatobi pada dasarnya adalah kawasan gugusan pulau Tukang Besi. Diantaranya Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko yang oleh masyarakat setempat biasa diakronimkan sebagai Wakatobi.

Untuk melakukan penyelaman di kawasan ini, sebaiknya Anda mengambil sesi pada bulan April atau Desember karena pada bulan ini cuaca kerap terlihat sangat cerah. Dan jika Anda seorang profesional dan ingin mencoba sensasi ekstrem, bulan Juli – September kawasan ini sering memberi tantangan berupa ombak laut yang sedang tinggi-tingginya.

Pulau Bangka
Pulau Bangka

Pulau yang terletak di sebelah timur Sumatra ini memiliki luas 11.693.54 km². Selain keindahan alam, di pulau yang keindahannya terekam dalam film ‘Laskar Pelangi’ ini, juga memiliki keindahan pemandangan bawah laut. Di kawasan ini kita juga dapat menjumpai beberapa spesies karang lunak yang indah dan spons. Kawasan penyelaman di pulau ini biasa disebut dengan nama Sawarna. Selain terumbu karang dan biota laut, disini kita juga masih bisa menjumpai beberapa spesies ikan besar dan kehidupan makro biota laut yang beragam.

Selain 5 tempat tersebut, Indonesia masih menyimpan banyak potensi ‘Dive spot’ yang saat ini masih belum banyak dibicarakan, bahkan mungkin juga belum ditemukan oleh penduduk sekitar. Konservasi yang benar, dan pemeliharaan ekosistem yang sehat, akan membuat Indonesia terus menjadi tujuan wisata bawah air terbaik di dunia.

Oleh : Adi Cahyo/Dari berbagai Sumber
Source: www.centroone.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel 5 Lokasi Penyelaman Eksotik di Indonesia.
<< >>