• img

Tips Cerdas Memanfaatkan Kartu Kredit di Luar Negeri

blog sauted | Senin, 03 Desember 2012 | 23:24

Ada banyak keutungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kartu kredit untuk perjalanan Anda ke luar negeri. Namun, bila Anda tidak berhati-hati, kesalahan dalam menggunakan kartu kredit bisa membawa kesusahan dalam perjalanan Anda.

Berikut 8 tips yang dapat membantu Anda dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit di luar negeri, seperti dilansir CariKredit.com dari Bootsnall.com, yaitu:

  1. Batasi jumlah kartu yang dibawa. Bawalah maksimal dua tau tiga kartu kredit. Minimal, Anda punya 1 kartu backup dan kartu dengan fasilitas menguntungkan untuk perjalanan luar negeri yang bisa Anda manfaatkan. Pastikan kartu kredit Anda tidak membebankan biaya untuk transaksi luar negeri.
  2. Catat dan simpan informasi kartu kredit Anda ditempat yang aman. Anda bisa menyimpannya di ponsel atau di komputer dan flashdisk. Ini sebagai antisipasi jika kartu kredit Anda hilang atau dicuri. Sehingga Anda bisa segera melaporkannya ke bank Anda.
  3. Beritahu bank penerbit kartu kredit Anda perihal keberangkatan Anda ke luar negeri. Ini untuk menghindari kartu kredit Anda di suspend karena karena adanya transaksi yang tidak biasa dari luar negeri.
  4. Pastikan kartu kredit Anda memiliki Chip. Atau kartu Anda bisa ditolak penggunaannya di luar negeri. Namun saat ini hampir semua kartu kredit di Indonesia telah dilengkapi dengan chip.
  5. Bawalah kartu yang Anda perlukan. Jika pada hari itu Anda berencana untuk tidak membeli apapun dengan menggunakan kartu kredit, sebaiknya tinggalkan saja kartu di hotel atau tempat aman, brangkas misalnya. Ini untuk menghindari kartu Anda hilang atau dicuri pada saat liburan.
  6. Selalu bawa passport Anda. Jika ternyata kartu Anda belum dilengkapi dengan chip, beberapa merchant masih mau menerima pembayaran dengan kartu ini. Namun biasanya mereka akan meminta Anda untuk menunjukkan paspor.
  7. Simpan semua bon dan bukti transaksi. Simpan semua bukti belanja dan tranksaksi Anda di luar negeri, mulai dari bon restoran, toko oleh-oleh, hingga atraksi hiburan. Cocokkanlah bon-bon ini dengan surat tagihan kartu kredit ini untuk menghindari transaksi yang tidak Anda lakukan.

Source: forum.kompas.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Tips Cerdas Memanfaatkan Kartu Kredit di Luar Negeri .
<< >>