• img

Kuliner Tradisional Khas Indonesia

blog sauted | Sabtu, 12 Januari 2013 | 10:31

Kuliner Tradisional Khas Indonesia
Klepon
Makanan tradisional Indonesia ini termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Anda tentu sering menjumpainya di pasar-pasar tradisional atau bahkan restoran berbintang. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Warna hijau pada klepon biasanya didapatkan dari campuran air daun suji atau pewarna makanan.

Onde-onde
Jajanan pasar yang satu ini berisi olahan kacang hijau yang manis. Selain populer, kue Onde-onde sangat terkenal di daerah Mojokerto. Bahkan, kota ini dijuluki sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Tidak sulit menemukan jajanan lezat ini di pasar-pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh. Anda juga bisa membeli onde-onde aneka isi dengan berbagai rasa.

Cenil
Cenil memiliki rasa yang unik dengan tekstur yang kenyal. Jajanan pasar ini terbuat dari tepung kanji, air, dan garam. Dalam penyajiannya, Anda bisa menambahkan parutan kelapa. Anda juga bisa mempercantik tampilan cenil Anda dengan memberikan pewarna makanan.

Kue lapis
Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan pewarna makanan. Kemudian disusun dengan pola warna yang berbeda-beda, Anda juga bisa menemukan kue ini dengan susunan dua warna atau bahkan lebih. Maka dari itu, kue yang legit ini diberi nama kue lapis.

Getuk
Kata getuk berasal dari bahasa Jawa, yaitu 'gethuk'. Singkong merupakan bahan utama dari pembuatan getuk. Anda bisa menikmati kelezatan getuk dengan menambahkan parutan kelapa di atasnya. Makanan ini biasanya mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bila sedang mengunjungi daerah Sukoraja di Banyumas, Anda perlu membeli oleh-oleh yang khas dari sana yaitu getuk goreng.

Lemper
Merupakan jajanan pasar yang terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau daging ayam. Kini Anda mungkin lebih sering menemukan lemper yang dibungkus plastik daripada daun pisang. Sebaiknya Anda memilih lemper yang dibungkus daun pisang, karena rasanya lebih legit dan tidak terkontaminasi zat kimia dari plastik.

Combro
Combro adalah makanan rakyat yang terbilang sangat nikmat. Jajanan ini merupakan panganan khas Jawa Barat yang terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom. Combro juga lebih nikmat bila disantap selagi hangat.

Ongol-ongol
Ongol-ongol terbuat dari tepung sagu aren kering, air, gula jawa, daun pandan, kelapa, dan garam. Makanan tradisional ini bertekstur kenyal dan memiliki cita rasa yang legit dan gurih.

Otak-otak
Jajanan yang berbahan dasar olahan ikan yang dibumbui, terutama ikan tenggiri. Otak-otak bisa Anda jumpai di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri otak-otak sering ditemukan di beberapa daerah di sekitar pantai utara pulau Jawa. Anda bisa menimati otak-otak sebagai camilan atau bahkan ditemani dengan nasi.

Nagasari
Kue ini dibalut daun pisang yang tipis dan memiliki cita rasa yang gurih. Nagasari yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang, merupakan jajanan pasar yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional.
Source: www.oktomagazine.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Kuliner Tradisional Khas Indonesia.
<< >>