• img

Upacara Barapen, Simbol Perdamaian Papua

blog sauted | Senin, 07 Januari 2013 | 00:53

Upacara Barapen, Simbol Perdamaian Papua
Foto:Berita Daerah-Herwantoro

Makan bersama tak sekedar hal biasa yang dilakukan sehari-hari bersama keluarga jika anda berada di Papua. Masyarakat Papua memiliki satu kebiasaan menyantap makanan bersama yang sebelumnya dilakukan ritual terlebih dahulu.

Ritual yang dimaksud adalah upacara adat Barapen atau bakar batu. Upacara ini biasanya dilaksanakan dalam acara-acara adat.

Awalnya upacara ini hanyalah sebagai simbol perdamaian. Namun, budaya ini makin hari dimaknai semakin luas. Upacara bakar batu lantas dilakukan untuk peresmian acara tertentu. Seperti peresmian gedung dan pesta adat lainnya.

Bakar batu ini sudah dilakukan sejak turun temurun oleh suku-suku asli yang tinggal di Papua. Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa namanya bakar batu ya?

Karena pada prosesi tersebut, mereka tak sekedar menyantap makanan bersama-sama, tetapi biasanya didahului dengan acara membakar batu.

Mula-mula batu dibakar hingga panas. Setelah panas, lalu batu dimasukan kedalam lubang yang telah dialasi daun pisang.

Kemudian, makanan siap untuk dimasak. Bahan-bahan makanan pun dimasukkan, seperti daging babi, sayur, dan juga umbi-umbian.

Setelah semua bahan dimasukkan, lalu ditutup dengan daun dan batu di atasnya. Tunggulah beberapa menit, hingga masakan matang.

Setelah itu, saat yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu menyantap makanan bersama-sama.

Makanan yang dimasak menggunakan batu dengan aroma dedaunan, memberikan wangi yang begitu menggoda. Hmmm, rasanya tak sabar untuk ikut mencicipinya. Suasana akrab yang terjalin ketika memasak bersama-sama menambah lahap dalam menyantap makanan ini.

Di Papua sendiri, biasanya upacara bakar batu dapat dijumpai di Kabupaten Jayawijaya.

Bagaimana? Tertarik mencicipinya? Atau ingin melihat prosesi nya? Silakan saja langkahkan kaki anda menuju Jayawijaya.

(Arnelia Triwardini-Herwantoro/DN/bd)
Source: beritadaerah.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Upacara Barapen, Simbol Perdamaian Papua.
<< >>