• img

Budidaya Jamur Merang

blog sauted | Senin, 04 Februari 2013 | 07:51

Budidaya jamur merang cukup mudah karena bahan media tanamnya. Selain jerami, jamur ini bisa ditanam pada media lain, seperti kapuk, alang-alang, kelaras (daun pisang kering), eceng gondok, batang jagung, ampas tahu atau tempe, bahkan bisa menggunakan kardus bekas.

Selain media tanamnya, budidaya jamur merang memerlukan tempat khusus untuk penyemaiannya. Tempat khusus yang biasa digunakan untuk budidaya jamur merang biasa disebut kumbung.

Proses Budidaya Jamur Merang

Untuk melakukan budidaya jamur merang, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Tahapan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Budidaya Jamur Merang - Menentukan Lokasi

Lokasi budidaya jamur merang harus sedikit jauh dari perkampungan atau rumah penduduk. Hal ini untuk menghindari bau yang tidak sedap agar tidak mengganggu aktivitas warga.

2. Budidaya Jamur Merang - Membuat Kumbung

Kumbung yang dibuat untuk budidaya jamur merang disesuaikan dengan kebutuhan. Rangka kumbung dapat dibuat dengan bahan-bahan dari alam seperti bambu, kayu, atau besi agar kokoh dan tahan lama. Dinding-dinding dan atapnya dibuat menggunakan kaca atau plastik.

Pada bagian luar, atap dan dinding plastik ditambah lagi dengan dinding dari bilik bambu. Agar sirkulasi udara bagus, buatlah jendela pada dinding kumbung untuk memudahkan mengatur suhu ruangan. Di dalam kumbung buatlah rak-rak untuk penyimpanan media tanam budidaya jamur merang.

3. Budidaya Jamur Merang - Menyiapkan Bahan-bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk budidaya jamur merang adalah media tanam (jerami), kompos, dan bibit jamur merang.

4. Budidaya Jamur Merang - Penyemaian Media Tanam

Setelah bahan-bahan yang dibuat kompos selesai, mulai semaikan bibit jamur pada kompos tersebut. Sirami dengan air, lalu tutup dengan plastik dan biarkan selama lima hari agar fermentasinya sempurna. Setelah siap, media tanam budidaya jamur merang segera diletakkan di rak-rak yang telah dibuat.

5. Budidaya Jamur Merang - Sterilisasi Kumbung

Kumbung disterilkan dengan cara pasteurisasi. Kumbung dipanaskan pada suhu 70 derajat selama 3-7 jam. Selanjutnya, atur suhu ruangan mencapai 23-24 derajat celcius. Pada suhu ini, bibit jamur pada media tanam budidaya jamur merang sudah siap disimpan dalam rak-rak yang telah dibuat.

6. Budidaya Jamur Merang - Pengawasan dan Pemeliharaan

Selama penyemaian, selalu awasi media tanam budidaya jamur merang ini. Periksa suhu agar tetap stabil dan jangan sampai kekeringan. Jika media tanam tampak kering, siram dengan air.

7. Budidaya Jamur Merang - Pemanenan

Media tanam sudah siap dipanen pada hari ke-15 atau ke-17 setelah media tanam ditempatkan pada rak-rak dalam kumbung. Jamur sudah siap dipanen jika bentuknya sudah bulat merata.

Jamur merang memang dipanen dalam kondisi masih kuncup (bulat). Saat memetik atau mengambil jamur, gunakan pisau agar media tanam tidak rusak karena tercabut.

Source: www.jualbeliforum.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Budidaya Jamur Merang.
<< >>