• img

Apa Kekuatan Sejarah Tor-tor di Malaysia?

blog sauted | Selasa, 19 Juni 2012 | 16:31

Ismoko Widjaya
Apa Kekuatan Sejarah Tor-tor di Malaysia?
Registrasi budaya perlu dilakukan di semua provinsi (ANTARA/Fanny Octavianus)

VIVAnews - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempersilakan langkah Malaysia yang ingin mengembangkan tari Tor-tor dan Gondang Sembilan milik Batak Mandailing, Sumatera Utara. Tetapi bila mengklaimnya, itu tidak dapat dibenarkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengimbau kepada seluruh provinsi di Indonesia segera melakukan registrasi kebudayaan. Langkah ini dinilai perlu dilakukan agar kasus-kasus kebudayaan Tanah Air tidak berulang diklaim negara lain.
Ada dua hal yang perlu ditekankan dalam klaim Malaysia ini, kata pejabat Kemendikbud RI

"Dalam registrasi budaya itu nanti tidak hanya mencatat soal budaya, tapi juga sejarah dan karakter," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ibnu Hamad, saat dihubungi VIVAnews, Senin 18 Juni 2012.

Ibnu pagi ini sedang bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh untuk menghadiri Festival dan Lomba Seni Nasional di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di hadapan para peserta, M Nuh menyinggung langkah Malaysia yang akan mengklaim tarian Tor-tor dan Gondang Sembilan.

Registrasi budaya di setiap provinsi itu nantinya juga akan dilakukan di tingkat nasional yakni di Kementerian. Ibnu menilai ada dua hal yang perlu ditekankan dalam klaim Malaysia ini.

Pertama, bila Malaysia mencatatkan itu sebagai warisan kebudayaannya, apa kekuatan sejarah Tor-tor dan Gondang Sembilan di Malaysia? "Karena budaya itu memiliki akar sejarah dan tradisi," kata dia.

Hal kedua, bangsa Indonesia yang memiliki sejarah jangan hanya mengandalkan sejarah itu dengan lisan. "Tapi juga merekam secara kuat, dengan data base yang kuat. Maka itu perlu registrasi budaya," kata Ibnu.

Rencana pendaftaran Tor-tor dan Gondang Sambilan oleh Malaysia itu disampaikan Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Dr Rais Yatim.

"Tetapi (pengiktirafan ini) dengan syarat, pertunjukan berkala mesti ditunjukkan, bermakna tarian mestilah ditunjukkan, paluan gendang dipelbagaikan dalam pertunjukan di khalayak ramai," kata Rais seperti dikutip Bernama, 14 Juni 2012. (ren)
Source: nasional.vivanews.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Apa Kekuatan Sejarah Tor-tor di Malaysia?.
<< >>