• img

Lakukan Ini Biar Perut Tidak Mudah Kembung

blog sauted | Selasa, 26 Juni 2012 | 21:37

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Lakukan Ini Biar Perut Tidak Mudah Kembung
ilustrasi (foto: Thinkstock)

Jakarta, Bangun pagi dengan perut kembung rasanya sangat tidak nyaman, biasanya karena jadi tidak doyan sarapan. Gangguan yang menyebabkan perut terasa penuh ini sebenarnya bisa dicegah dengan membiasakan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat yang bisa mencegah perut kembung seperti dikutip dari Foxnews, Selasa (26/6/2012), adalah sebagai berikut.

1. Makan banyak serat
Konsumsi serat tidak hanya mencegah perut kembung, tetapi juga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Berbagai gangguan penyakit serius seperti kanker dan serangan jantung juga sering dikaitkan dengan kurang makan serat.

Buah dan sayur-sayuran merupakan sumber serta yang paling bagus. Tetapi perlu diingat, beberapa jenis sayuran justru harus dihingari kalau sedang kembung seperti kol dan brokoli karena bisa meningkatkan produksi gas pencernaan.

2. Kunyah makanan sebelum ditelan
Kelihatannya sepete, tetapi mengunyah makanan merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pencernaan. Bukan cuma memecah makanan menjadi lebih mudah dicerna oleh perut, mengunyah juga dapat memberi sinyal pada sistem pencernaan agar bersiap-siap menerima makanan.

Kesdiapan saluran pencernaan untuk menerima makanaqn ditandai dengan keluarnya enzim-enzim tertentu. Kalau enzim tersebut tidak siap, pencernaan menjadi tidak optimal dan akhirnya terlalu banyak gas yang dihasilkan dari hasil metabolisme.

3. Olahraga rutin
Sebuah penelitian di jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menunjukkan bahwa kebiasaan olahraga rutin benar-benar bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan. Termasuk di antaranya adalah nyeri perut, diare dan sindrom perut sensitif.

4. Hindari stres
Stres memberikan efek yang sangat negatif terhadap proses pencernaan. Pikiran yang tidak menentu dapat menurunkan aliran darah ke perut serta produksi enzim pencernaan, memperlambat proses pencernaan dan sebagai hasilnya adalah muncul gejala nyeri dada, perut kembung dan susah buang air besar.

5. Jangan berlebihan minum obat maag
Antasida atau obat untuk sakit maag dan gangguan pencernaan lainnyua bisa membantu mengatasi kelebihan asam lambung penyebab refluks dan nyeri dada. Namun jika dipakai berlebihan, fungsi normal lambung serta komposisi bakteri di dalamnya bisa berubah dan hasilnya perut jadi lebih mudah kembung.

(up/ir)
Source: health.detik.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Lakukan Ini Biar Perut Tidak Mudah Kembung.
<< >>