• img

Tips Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal

blog sauted | Rabu, 19 September 2012 | 19:59

Tips Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal
Foto by Lifemartini
Keputihan sesungguhnya adalah hal yang lumrah bagi wanita. Anda tidak perlu panik saat menemukan cairan bening ini karena pada saat-saat tertentu, ini adalah hal yang wajar. Ini karena “Miss V” mengandung basil doderlein yang merupaka bakteri baik. Bakteri inilah yang befungsi untuk melindungi “Miss V” dari jamur, virus, bakteri, dan mikroba kecil lainnya yang kerap menempel. Anda juga harus tahu bahwa keputihan merupakan cara tubuh Anda untuk melawan infeksi. Keputihan yang normal adalah cairan “Miss V” yang encer, tidak berwarna (jernih), tidak berbau, dan tidak menimbulkan efek samping, seperti gatal-gatal. Apabila keputihan yang Anda rasakan bukan seperti cirri-ciri di atas, dan bukan di saat siklus menstruasi, maka Anda harus mengetahui tips mengatasi keputihan sebelum terlambat.

Sebelumnya, Anda juga harus tahu bahwa keputihan tidak normal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah kekurangan gizi, parasit, jamur, kurangnya kebersihan, terlalu lelah, dan bahkan faktor psikologis seperti stress berlebihan. Benda-benda asing yang dimasukkan ke dalam “Miss V”, seperti alat kontrasepsi dan tampon bisa juga memicu keputihan tidak normal. Sedangkan untuk jamur dan parasit, terdapat tiga jenis keputihan; trikomoniasis, vaginosis bakteri, dan kandidaisis. Trikomoniasis terjadi karena infeksi parasit. Vaginosis bakteris adalah jenis keputihan yang dipicu oleh bakteri. Sedangkan kandidaisis adalah keputihan karena jamur kandida yang terdapat di “Miss V”. Mengatasi keputihan bisa dikelompokkan berdasarkan penyebabnya.

Langkah-langkah sederhana dalam mengatasi keputihan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan. Ini dapat dilakukan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh “Miss V” Anda. Anda juga harus memastikan bahwa pakaian dalam yang Anda kenakan tidak terlalu ketat. Bahan katun adalah bahan yang disarankan untuk dipakai karena katun tidak panas dan dapat menyerap keringat. Pastikan juga untuk tidak mengenakan celana jeans yang tidak terlalu ketat. Sering-seringlah mengganti pakaian dalam Anda. Dan di saat haid, sangat penting bagi Anda untuk sering mengganti pembalut Anda. Ini karena pembalut yang lembab merupakan sarang kuman. Gunakanlah handuk untuk mengeringkan area pribadi Anda setelah mandi. Cara menggunakan handuk adalah mengusap dari depan ke belakang, sehingga tidak ada kuman dari anus yang pindah ke “Miss V”.

Bila perlu, cucilah “Miss V” Anda dengan cairan pembersih yang aman dan diresepkan oleh dokter. Gunakan secukupnya. Jangan berlebihan menggunakan cairan pembersih “Miss V” karena ini juga akan membunuh bakteri baik. Untuk keputihan yang disebabkan oleh jamur, bakteri, dan parasit, Anda biasanya akan diresepkan obat anti jamur, bakteri, atau parasit oleh dokter Anda. Sementara untuk keputihan yang disebabkan oleh stress, amat disarankan bagi Anda untuk rileks dan menghilangkan stress Anda terlebih dahulu. Begitupun untuk jenis keputihan yang disebabkan oleh terlalu lelah. Usahakan untuk istirahat cukup setelah beraktifitas seharian sebagai langkah mengatasi keputihan
Source: lovira.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Tips Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal.
<< >>