• img

Alasan Mengapa Terseyum Menyehatkan [1]

blog sauted | Rabu, 24 Oktober 2012 | 10:15

Alasan Mengapa Terseyum Menyehatkan
Foto: Ilustrasi
Oleh: Dahlia Krisnamurti

INILAH.COM, Jakarta - Tersenyum adalah tindakan paling mudah, paling sederhana, paling murah, dan paling menyenangkan di dunia.

Banyak yang mempercayai bila mengawali hari dengan senyum lebar, maka hari itu akan berlalu dengan baik. Pasalnya, penelitian menyebutkan, senyuman yang tulus memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk mental kita. Apa saja?

Senyum membuat panjang umur

Penelitian yang menemukan orang sering senyum dan memiliki senyuman lebih cerah dan lebar memiliki kesempatan hidup 4,9 tahun lebih lama daripada orang yang hanya sedikit senyum, dan tujuh tahun lebih lama dari mereka yang tidak tersenyum sama sekali.

Senyum menghnidari stress dan awet muda

Orang yang murah senyum juga akan jauh dari stres karena ia terhindar dari penyakit ketegangan. Jantungnya akan berdetak normal. Peredaran darahnya akan mengalir dengan baik dan membuat kita awet muda.

Senyum hanya mengandalkan 17 otot wajah, sementara cemberut membutuhkan tarikan 32 otot wajah. Inilah salah satu sebab mengapa wajah terkadang terlihat cepat tua bagi orang yang jarang tersenyum.

Senyum bangkitkan energi bawah sadar

Saat subyek penelitian diperlihatkan gambar wajah tersenyum dengan sangat cepat, si subyek secara tidak sadar akan menampilkan wajah tersenyum seperti gambar wajah tersenyum yang dilihat.

Senyum mudah menular

Saat kita membuat status yang membahagiakan melalui situs jejaring sosial. Perasaan bahagia itu akan menular ke orang lain. Jadi, jika kita tersenyum, maka orang lain juga akan tersenyum.

Senyum dapat meredam kemarahan

Tidak hanya olahraga yang dapat meredam rasa marah. Senyuman juga ternyata dapat meluluhkan emosi orang yang sedang marah.

Bila ada seseorang yang marah mendatangi kita, hadapilah dengan senyuman bening lagi tulus. Yang pasti, senyum semacam ini bakal mampu meredam emosi orang yang marah. [bersambung/mor]
Source: gayahidup.inilah.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Alasan Mengapa Terseyum Menyehatkan [1].
<< >>