• img

Paus Beluga Keluarkan Suara Mirip Manusia

blog sauted | Rabu, 24 Oktober 2012 | 00:58

 Paus Beluga Keluarkan Suara Mirip Manusia
AFP/"PRLM" BELUGA selama ini dikenal sebagai ''kenari laut'' karena mengeluarkan nada tinggi.*

CALIFORNIA, (PRLM).- Peneliti di AS terkejut saat menemukan seekor paus beluga mengeluarkan suara seperti manusia. Temuan ini mengejutkan karena selama ini hanya lumba-lumba yang bisa diajarkan untuk meniru pola dan durasi suara manusia, tetapi tidak melakukan mimikri secara spontan.

Namun peneliti mendengar paus beluga berusia sembilan tahun bernama NOC mengeluarkan suara beberapa oktaf di bawah normal, dalam sebuah klip pendek.

Paus beluga selama ini dikenal sebagai ''kenari di laut'' karena mengeluarkan nada yang tinggi saat berceletuk. Ada sejumlah laporan yang menyebut paus mengeluarkan suara mirip manusia, tetapi baru kali ini yang berhasil terekam.

Para peneliti menggambarkan bagaimana NOC melakukan hal itu di jurnal CurrentBiology. Bagaimana NOC si paus putih ini mengeluarkan suara mirip manusia kemudian menjadi misteri yang harus diungkapkan.

Kisah paus beluga yang mengeluarkan suara mirip manusia ini terungkap saat seorang penyelam di Yayasan Mamalia Laut Nasional di California muncul dan berkata, "Siapa yang mengatakan kepada saya untuk keluar?".

Ternyata suara itu dikeluarkan oleh NOC, yang kemudian langsung direkam oleh para peneliti. Mereka menemukan bahwa semburan vokal NOC rata-rata sekitar tiga per detik, dengan jeda yang mengingatkan pada suara manusia.

Analisis rekaman menunjukkan bahwa frekuensi suara NOC menyebar menjadi ''harmoni'' dalam skala sangat tidak mirip vokalisasi paus normal dan lebih mirip manusia. Para peneliti kemudian meminta NOC untuk kembali bersuara dan memasang sebuah alat pengukur di rongga hidungnya, tempat dimana suara dikeluarkan, untuk mengamati apa yang terjadi.

Mereka menemukan bahwa NOC mampu mengubah tekanan suara dengan cepat melalui rongga hidung untuk menciptakan suara. Untuk memperkeras frekuensi rendah vokalisasinya, NOC memberi tekanan lebih pada apa yang dikenal sebagai kantung vestibular di lubang tiup - yang biasanya berfungsi untk menghentikan air masuk ke paru-paru.

Singkatnya, mimikri suara manusia tidak mudah bagi NOC. "Pengamatan kami menunjukkan bahwa paus harus memodifikasi mesin vokalnya untuk membuat suara mirip manusia. Suara yang kami dengar jelas sebuah contoh pelajaran vokal yang dipelajari oleh paus putih,'' kata Sam Ridgway, presiden Yayasan Mamalia Laut Nasional.(bbc/A-147)***
Source: www.pikiran-rakyat.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Paus Beluga Keluarkan Suara Mirip Manusia.
<< >>