• img

Teh Hijau Bantu Tingkatkan Memori Otak

blog sauted | Selasa, 30 Oktober 2012 | 00:39

Aliza Marcella
Teh Hijau Bantu Tingkatkan Memori Otak
Katekin dalam teh hijau mengurangi risiko kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker. (Foto - greenteaearth)

Senyawa aktif dalam teh hijau berkontribusi pada pembentukan sel-sel otak hippocampus.

CHINA, Jaringnews.com - Green tea atau teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat besar bagi kesehatan manusia, termasuk untuk tetap menjaga kebugaran serta menurunkan program diet Anda. Baru-baru ini para peneliti dari Third Military Medical University di Cina telah mengungkapkan beberapa manfaat baru yang bisa didapat dari konsumsi teh hijau secara teratur.

Seperti dilansir Genius Beauty (25/10), tim ilmuwan yang dipimpin Profesor Yun Bai menemukan bahwa senyawa aktif dalam teh hijau berkontribusi pada pembentukan sel-sel otak hippocampus. Bagian otak ini bertanggung jawab pada memori dan orientasi spasial. Dengan demikian, minuman tersebut dapat mencegah penyakit degeneratif yang berhubungan dengan penuaan.

Hippocampus merupakan wilayah otak yang menganalisis informasi dan menggeser informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Catechin dalam teh hijau kaya akan efek menguntungkan pada daerah tersebut. Hal ini terbukti setelah para ilmuwan melakukan percobaan pada tikus. Tikus yang menerima katekin memiliki orientasi yang lebih baik dalam ruang dan belajar lebih cepat dibandingkan tikus lainnya.

Fakta bahwa teh hijau baik untuk memori telah dibuktikan sebelumnya oleh para ahli Jepang. Orang Jepang yang berusia yang sehari-hari yang minum dua cangkir teh hijau atau lebih, kemungkinannya lebih rendah setengah kali mengembangkan gangguan perhatian dan memori.

Selain itu, U.S. Cancer Institute atau Institut Kanker Amerika Serikat menemukan bahwa katekin dalam teh hijau mengurangi risiko kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

(Aml / Mys)
Source: jaringnews.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Teh Hijau Bantu Tingkatkan Memori Otak.
<< >>