• img

Menjadi Pendengar yang Baik bagi Anak Anda

blog sauted | Jumat, 23 November 2012 | 19:13

Menjadi Pendengar yang Baik bagi Anak Anda

Salah satu hal yang memiliki andil paling besar dalam tumbuh-kembang anak adalah peran orangtua. Orangtua adalah orang terdekat yang berada di sekitar anak-anak setiap hari dan itu sebabnya mengapa tumbuh-kembang anak sangat dipengaruhi oleh bagaimana orangtua mendidik dan merawat anak-anaknya. Seringkali, para orangtua terlalu sibuk bekerja demi memenuhi kebutuhan anak-anaknya sehingga mereka lupa bahwa anak-anak juga membutuhkan sosok mereka sebagai teman untuk berbagi. Berikut ini adalah beberapa tips tentang bagaimana menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak sehingga mereka bisa benar-benar merasakan kasih sayang dari anda dan pasangan.

Kualifikasi untuk Menjadi Pendengar yang Baik

Untuk menjadi seorang pendengar yang baik bagi anak-anak anda, sebenarnya caranya sangatlah mudah. Anda hanya membutuhkan kemauan yang keras untuk bisa mewujudkannya. Pertama, sediakanlah waktu senggang anda untuk mendengarkan cerita mereka. Jika anda bekerja dari pagi hingga sore atau malam hari, sempatkanlah mengobrol dengan anak-anak di pagi hari saat sarapan atau selepas pulang kerja jika mereka belum tidur. Anda tidak perlu membicarakan hal-hal yang terlalu mendalam, cukup tanyakan saja bagaimana harinya atau apa saja kegiatan yang akan ia jalani hari ini. Meskipun terkesan sederhana, tetapi hal-hal seperti ini bisa membuat anak-anak anda merasa diperhatikan.

Kedua, luangkan waktu di akhir minggu anda untuk menonton film bersama sambil bercanda dengan anak-anak. Anda bisa menyewa film dan menontonnya bersama-sama dengan anak-anak di rumah. Hal seperti ini sangat berguna untuk membangun hubungan yang hangat diantara keluarga anda, sehingga anak-anak anda juga tidak akan segan, takut atau malu bercerita dengan orangtuanya. Di sela waktu santai tersebut, anda bisa menanyakan bagaimana keadaannya di sekolah, apa ada masalah yang sedang ia hadapi atau bagaimana pertemanannya di sekolah dan tempat les. Dari hal kecil seperti ini, mereka akan melihat peran orangtua sebagai teman yang baik bagi mereka. Mereka akan berpikir bahwa tidak apa-apa menceritakan apapun yang sedang mereka hadapi dengan orangtuanya. Anda tidak perlu lagi memaksa atau memancing mereka untuk bercerita, karena mereka akan bercerita dengan sendirinya.

Manfaat menjadi Pendengar yang Baik

Ketika anda berhasil menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak anda, anda sebenarnya sudah memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan sifat, karakter dan psikologisnya. Mereka akan tumbuh sebagai anak yang terbuka dan penyayang, karena mereka pun merasakan hal yang sama dari orangtuanya. Selain itu, tanpa anda harus marah-marah atau melarangnya ini dan itu, anak-anak anda akan merasa segan dengan sendirinya jika mereka melakukan hal-hal yang tidak baik. Karena terbiasa bercerita apapun dengan anda, mereka akan merasa gelisah dan tidak tenang jika menyimpan rahasia dari anda. Dengan menjadi pendengar yang baik, sebenarnya anda bisa mengontrol anak anda tanpa perlu membuat anak-anak menjadi merasa terkekang atau sedang diawasi.
Source: lovira.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Menjadi Pendengar yang Baik bagi Anak Anda.
<< >>