• img

Awas! Kebiasan-Kebiasaan ini Dapat Memicu Kanker Payudara

blog sauted | Selasa, 04 Desember 2012 | 19:04

Awas! Kebiasan-Kebiasaan ini Dapat Memicu Kanker Payudara
photo by femina
Tanpa disadari, kebanyakan wanita tidak sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu datangnya berbagai penyakit. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sering dilakukan sehingga penyakit pun cepat datang, salah satunya ialah kanker payudara. Kanker payudara merupakan sebuah penyakit yang paling ditakuti hampir oleh semua wanita di dunia, biasanya ditandai dengan adanya benjolan di sekitar payudara yang tidak terasa sakit. Banyak sekali faktor-faktor yang dapat memicu kanker payudara. Oleh karena itu, hindari beberapa kebiasaan di bawah ini jika Anda ingin terbebas dari serangan kanker yang sangat berbahaya tersebut.

Seringkah Anda tidur dengan bra yang masih terpasang? Jika iya, lebih baik Anda hindari kebiasaan tersebut. Bra memang berguna untuk menopang payudara agar tidak kendur, akan tetapi pemakaiannya yang terlalu lama dapat memicu datangnya penyakit tersebut, terutama bra berkawat yang cukup ketat. Hal demikian disebabkan oleh adanya tekanan pada payudara yang mengakibatkan tidak lancarnya aliran darah. Nah, aliran darah yang tidak lancar inilah yang pada akhirnya dapat memicu kanker. Kebiasaan buruk lain yang dapat memicu penyakit kanker payudara ialah kurang tidur. Kurang tidur memang tidak baik untuk kesehatan tubuh karena badan yang perlu istirahat cukup tidak mendapatkan ‘jatahnya’. Menurut sebuah penelitian, tidur yang tidak cukup dapat meningkatkan keagresifan sel-sel pemicu kanker payudara. Oleh karena itu, mulai saat ini sayangilah tubuh Anda dengan membiasakan untuk tidur berkualitas paling tidak 7-8 jam sehari.

Selain kebiasaan-kebiasaan tersebut di atas, ternyata kebiasaan menahan lapar dapat menyebabkan penyakit kanker payudara. Anda mungkin terkejut dan bertanya-tanya, namun menurut sebuah penelitian, terdapat hubungan antara menahan lapar dengan kanker payudara. Dikatakan bahwa ketika seseorang menahan lapar, hal tersebut ternyata dapat memicu produksi sel-sel abnormal pada payudara wanita. Kebiasaan tersebut mungkin terdengar sepele dan banyak dari Anda mungkin sering tidak menghiraukan kebiasaan menahan lapar. Selanjutnya, berhati-hatilah bagi Anda yang minum dalam jumlah sedikit. Kurang minum memang membawa efek yang sangat negatif bagi tubuh, dampaknya tidak hanya dehidrasi atau kulit yang menjadi kering, akan tetapi kekurangan cairan dalam tubuh dapat memicu resiko kanker payudara. Jika Anda paham, sebenarnya kekurangan minum dapat menyebabkan penyusutan jaringan dalam tubuh, salah satunya payudara. Banyaknya jaringan pada payudara yang menyusut bisa menjadi faktor munculnya penyakit mengerikan tersebut. Kemudian, apabila sedang melakukan diet dengan tidak mengonsumsi daging, Anda sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Banyak orang beranggapan bahwa mengonsumsi daging terlalu sering berbahaya untuk tubuh. Memang hal tersebut ada benarnya, namun tidak mengonsumsi daging sama sekali juga sangat tidak disarankan. Selain daging merupakan sumber protein hewani, daging juga mengandung serat kolagen untuk menjaga jaringan kulit. Sehingga, jika Anda tidak mengonsumsi daging, resiko terserang kanker payudara akan lebih tinggi dikarenakan serat kolagen pada payudara yang bermanfaat untuk menjaga bentuk dan ukuran payudara akan berkurang. Untuk itu, melakukan pencegahan kanker payudara tidak hanya cukup dilakukan dengan olah raga teratur dan makan makanan bergizi, menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak disadari sering dilakukan diharapkan dapat mengurangi resiko penyakit kanker payudara.
Source: lovira.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel Awas! Kebiasan-Kebiasaan ini Dapat Memicu Kanker Payudara.
<< >>