• img

10 Makanan terbaik untuk mencegah 'penyakit tua'

blog sauted | Senin, 05 November 2012 | 10:01

10 Makanan terbaik untuk mencegah penyakit tua
Ilustrasi anggur merah. ©shutterstock.com/Garry L.
Semakin bertambahnya usia terkadang ada saja penyakit yang menyerang tubuh. Mulai dari penurunan daya ingat, osteoporosis, penyakit jantung, diabetes, dan lainnya. Namun, penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi banyak nutrisi dalam makanan. Apa saja makanan yang mampu menangkal penyakit tua? Ini dia daftarnya, seperti dilansir oleh Shine! (04/10).


1. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung asam folat, kalsium, dan nutrisi yang melindungi kesehatan tulang, otak, serta kerusakan mata akibat usia. Diet yang mengandung banyak sayuran seperti brokoli dan kubis mampu mengurangi risiko pikun dna kanker.

2. Gandum utuh
Gandum utuh yang kaya serat, vitamin, mineral, dan anti-oksidan mampu menurunkan risiko penyakit akibat usia tua seperti kanker dan penyakit jantung. Karena dicerna secara perlahan, gandum utuh juga mencegah diabetes dan gula darah tinggi.

3. Buah berry
Semua jenis buah berry, seperti blackberry, cranberry, dan blueberry kaya antioksidan yang disebut anthocyanins. Antioksidan ini mampu mengurangi pertumbuhan kanker dan meningkatkan daya kerja otak, tulang, dan menyeimbangkan kebugaran tubuh.

4. Minyak zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak kandungan antioksidan dan anti-peradangan. Selain itu, minyak ini juga bagus untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit penurunan kemampuan otak.

5. Tomat
Beberapa buah berwarna merah, terutama tomat, mengandung lycopene, sebuah antioksidan yang menjaga kesegaran kulit dan menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan ini juga mampu mencegah kanker, terutama kanker prostat, paru-paru, dan kanker usus besar.

6. Kacang
Banyak jenis kacang, seperti almond dan walnuts yang kaya lemak baik, vitamin, dan protein yang mencegah penyakit jantung serta menjaga kesehatan otak. Kacang juga diketahui memiliki zat yang mencegah peradangan.

7. Anggur merah
Anggur memiliki antioksidan yang disebut resveratol. Antioksidan ini memiliki zat anti-peradangan dan antikoagulan yang bagus untuk kesehatan jantung.

8. Ikan
Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang mencegah peradangan dalam tubuh. Orang yang sering makan ikan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit stroke dan Alzheimer.

9. Teh
Teh memiliki banyak variasi yang memiliki antioksidan kuat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh mampu melindungi kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker dan penyakit Alzheimer, serta penyakit otak lainnya.

10. Rempah-rempah dan tanaman herba
Rempah-rempah seperti kunyit dan jahe mengandung zat anti-peradangan yang mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer. Antioksidan dalam bawang putih dan bawang merah juga mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Sementara itu, kayu manis mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu Anda menangkal penyakit tua. Membiasakan diri untuk hidup sehat dengan mengonsumsi makanan alami secara teratur juga bisa membuat tubuh Anda tetap awet muda di usia yang semakin bertambah.

Kun Sila Ananda
Source: www.merdeka.com

Saat ini SAHABAT berada di area blog sauted dengan artikel 10 Makanan terbaik untuk mencegah 'penyakit tua'.
<< >>